PPKM Darurat Diperpanjang, Keputusan Pahit Namun Harus Dijalani

- Rabu, 21 Juli 2021 | 09:00 WIB
Anggota Polda Jateng saat melakukan pemeriksaan kendaraan di gerbang Tol Sragen terkait penerapan PPKM Darurat, Jumat (9/7). (suaramerdeka.com/dok)
Anggota Polda Jateng saat melakukan pemeriksaan kendaraan di gerbang Tol Sragen terkait penerapan PPKM Darurat, Jumat (9/7). (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021 merupakan jalan yang harus ditempuh Pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Perpanjangan PPKM Darurat lebih dtujukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit.

"Meskipun ini akan berdampak dan menambah beban masyarakat menjadi lebih berat. Namun, demi terputusnya mata rantai penyebaran Covid-9, hal ini harus kita jalani," kata Anggota DPR RI Sonny T. Danaparamita, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Usai Menurun 2 Hari Berturut-turut, Emas Menguat pada Akhir Perdagangan

Perlu diketahui, sampai saat ini, kapasitas rumah sakit di seluruh Indonesia sudah kelebihan terutama dalam penanganan pasien Covid-19.

"Pemerintah telah mengatakan bahwa meskipun kebijakan ini sangat berat, namun harus dilakukan demi mengurangi penularan dan menurunkan jumlah pasien yang harus ke rumah sakit," katanya.

Meski begitu, demi berjalannya roda perekonomian dan kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat dalam masa perpanjangan ini pasar tradisional dan para pelaku UMKM masih boleh berjualan.

"Namun demikian, waktu dan pengunjungnya dibatasi serta dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Secara teknis pemerintah daerah yang akan mengaturnya," kata Sonny.

Baca Juga: Sosialiasi Penanganan Pandemi, Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama Perlu Dilibatkan

Bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp 2 juta berupa paket obat.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menikmati Siaran TV Digital, Begini Caranya

Sabtu, 24 Juli 2021 | 14:37 WIB
X