Perpanjang PPKM Darurat hinga 25 Juli, Jokowi Tambah Anggaran Perlindungan Sosial Rp55,21 triliun

- Selasa, 20 Juli 2021 | 21:16 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). SM/Do;. presidenri.go.id
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). SM/Do;. presidenri.go.id

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penerapan PPKM yang dimulai tanggal 3 Juli 2021 adalah kebijakan yang tidak bisa kita hindarim, yang harus diambil pemerintah meskipun itu sangat berat.

"Ini dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit," ujar Jokowi saat mengumumkan kelanjutan PPKM Darurat, di Jakarta, Selasa 20 Juli 2021 malam.

"Sehingga tidak membuat lumpuhnya rumah sakit lantaran over kapasitas pasien Covid-19, serta agar pelayanan kesehatan untuk pasien dengan penyakit kritis lainnya tidak terganggu dan terancam nyawanya" imbuhnya.

Baca Juga: Wiku: Indonesia Tambah 30 Juta Dosis Vaksin Akhir Agustus

Karena itu, lanjut Jokowi, jika tren kasus Covid-19 terus menunjukkan penurunan, maka mulai tanggal 26 Juli 2021, pemerintah akan melakukan pembukaan bertahap.

"Ini dilakukan untuk menurunkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebutuhan masyarakat untuk pengobatan di rumah sakit," ujar Jokowi.

"Namun, alhamdulillah kita patut bersyukur setelah dilaksanakan PPKM Darurat, terlihat dari data penambahan kasus dan pemenuhan BED Rumah Sakit mengalami penurunan" lanjutnya.

Lalu bagaimana bantuan untuk masyarakat yang terdampak? Presiden menjelaskan, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun.

Baca Juga: Sambut Era Kendaraan Listrik, Kemenperin Kembangkan Baterai Hingga Stasiun Pengisian

Bantuan tersebut, kata Jokowi, berupa bantuan tunai, yaitu BST (Bantuan Sosial Tunai), BLT (Bantuan Langsung Tunai) Desa, kemudian PKH (Program Keluarga Harapan), juga bantuan sembako, bantuan kuota internet, dan subsidi listrik diteruskan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Banten, DKI Jakarta Diguncang Gempa Magnitudo 6,7 SR

Jumat, 14 Januari 2022 | 16:53 WIB
X