PPKM Darurat Jawa- Bali Diperpanjang, Butuh Pengawasan Langsung Jokowi: Asal Jangan Luhut!

- Selasa, 20 Juli 2021 | 20:09 WIB
Presiden Jokowi meninjau lokasi PPKM Mikro di RW 01, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. (BPMI Setpres/Muchlir Jr)
Presiden Jokowi meninjau lokasi PPKM Mikro di RW 01, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. (BPMI Setpres/Muchlir Jr)




JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Luqman Hakim mengungkapkan peran Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini penting untuk langsung mengawasi PPKM Darurat Jawa-Bali.

Ia juga meminta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan tidak lagi memimpin pelaksanaan PPKM Darurat.

"Presiden langsung memimpin pelaksanaan PPKM darurat Jawa dan Bali, tidak lagi diserahkan kepada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves)," tutur Luqman Hakim di Jakarta, seperti dikutip suaramerdeka.com dari Pikiran-Rakyat.com, dalam artikel Jokowi Disuruh Turun Tangan dan Tak Tunjuk Luhut Pandjaitan Lagi jika PPKM DIperpanjang, yang diunggah Selasa, 20 Juli 2021.

Baca Juga: Electric Vehicle, Indonesia Siap Jadi Pemain Utama Industri Kendaraan Listrik

Selain itu, Luqman Hakim juga menyarankan untuk membentuk team leader yang terdiri dari Menteri Kesehatan, Menteri Agama, Menkopolhukam, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Sosial, Menteri Sekretaris Negara, Kapolri, dan Panglima TNI.

Tim ini berfungsi untuk menjamin pelaksanaan PPKM berjalan dengan lancar tentunya melalui pendekatan kesehatan, teritorial, agama, sosial, hukum, dan keamanan.

Kemudian, anggaran untuk bantuan sosial masyarakat perlu ditambah, setidaknya mencakup bansos, bansos tunai, insentif tenaga kesehatan daerah, subsidi upah pekerja formal/informal, insentif industri, dan subsidi UKM/UMKM.

Baca Juga: Mobilitas Selama PPKM Darurat Menurun 40 Persen, Kakorlantas Polri Sampaikan Terimakasih kepada Masyarakat

"Skema realisasi kebijakan bantuan sosial itu harus disosialisasikan sejelas-jelasnya kepada masyarakat pada saat perpanjangan PPKM darurat diumumkan," tambahnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X