Cegah Bukti PCR dan Vaksinasi Palsu, Sekarang Perjalanan Udara Wajib Gunakan Aplikasi Pedulilindungi

- Selasa, 20 Juli 2021 | 18:45 WIB
Aplikasi pedulilindungi./Setjen.pu
Aplikasi pedulilindungi./Setjen.pu

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah akan menerapkan penggunaan aplikasi Pedulilindungi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara.

Penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk perjalanan udara dapat digunakan setelah sebelumnya pemerintah sukses melakukan uji coba.

Peraturan ini akan berlaku sementara untuk penerbangan Jakarta-Bali-Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Bandar Udara Soekarno-Hatta.

Informasi hasil tes swab PCR dan bukti vaksinasi sebagai syarat melakukan perjalanan udara juga akan secara otomatis tercantum di aplikasi Pedulilindungi sehingga akan membantu masyarakat untuk dapat melakukan check in secara online.

Baca Juga: Bentuk Program Bersama Donor Plasma dan Kurban saat Idul Adha

drg. Oscar Primadi, MPH, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, menyatakan bahwa integrasi data ini ditujukan untuk menghindari penggunaan hasil tes dan kartu vaksinasi manual yang mudah dipalsukan.

"Penerapan sistem check in online dengan database hasil tes PCR dan vaksinasi sudah kita uji coba selama 2 minggu dan berjalan dengan baik," ujar drg. Oscar, seperti dikutip dari laman resmi kemkes.go.id.

"Mulai hari ini, kebijakan tersebut kita berlakukan secara resmi karena selain menghindari bukti tes dan vaksinasi palsu, mekanisme ini memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang hendak bepergian karena tidak perlu lagi menunjukkan dokumen hard copy yang dapat menimbulkan antrian dan kerumunan," imbuhnya.

Oscar Primadi menambahkan bahwa dengan mekanisme tersebut, maka bisa dipastikan bahwa hanya penumpang yang sehat yang bisa masuk ke pesawat.

Baca Juga: Pesan Rasulullah; Sesungguhnya Darahmu, Hartamu dan Harga Dirimu Terjaga dan Termuliakan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X