Atasi Dampak PPKM Darurat: Penyaluran Perlinsos Dipercepat, Alokasi Anggaran Ditambah

- Selasa, 20 Juli 2021 | 08:36 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (suaramerdeka.com / dok) (Team smcom04)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (suaramerdeka.com / dok) (Team smcom04)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah mempercepat penyaluran serta menambah alokasi anggaran untuk program perlindungan sosial (perlinsos) sebagai upaya meringankan beban masyarakat terdampak PPKM Darurat.

Hal ini diutarakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, dalam Keterangan Pers Bersama mengenai Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, belum lama ini.

“Untuk meringankan beban rakyat yang terdampak PPKM ini, Bapak Presiden telah memerintahkan kami para menterinya untuk memberikan tambahan bantuan dari pemerintah yang bisa diberikan untuk meringankan beban akibat PPKM ini.”

“Pemerintah akan memberikan bantuan sosial tambahan sebesar Rp39,19 triliun untuk masyarakat yang akan dikucurkan segera oleh Menteri Keuangan dan Menteri Sosial,” ujarnya.

Baca Juga: Penegakan Hukum Saat PPKM, Mendagri: Harus Tegas, Namun Humanis dan Tetap Manusiawi

Rincian bantuan yang diberikan pemerintah tersebut adalah Program Bantuan Beras Bulog sebesar 10 kilogram untuk penerima Bantuan Sosial Tunai dan Kartu Sembako.

Kemudian, Bansos Tunai (BST); Program Kartu Sembako;  Program Keluarga Harapan (PKH); Bantuan Tunai Usulan Pemerintah Daerah; Program Prakerja; Diskon Listrik untuk pelanggan 450VA dan 900VA.

Lalu, Subsidi Kuota Internet bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen; Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban/Abodemen Listrik; hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa.

“Presiden juga sudah memberikan penekanan kepada para menteri untuk memastikan bahwa berbagai program bantuan sosial di atas bisa segera diterima oleh masyarakat miskin dan kelompok-kelompok masyarakat yang berhak, dan ini adalah prioritas dari Bapak Presiden,” ujar Luhut.

Baca Juga: Shalat Idul Adha Masjid Agung Surakarta Digelar Terbatas, Pintu Masuk Akan Ditutup

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X