BOR di Jabar Turun, Prokes Tetap Jadi Tumpuan

- Senin, 19 Juli 2021 | 18:39 WIB
TATA TEMPAT TIDUR: Perawat RSUD Bung Karno menata tempat tidur di salah satu ruang perawatan rumah sakit tersebut. (SM/Yusuf Gunawan)
TATA TEMPAT TIDUR: Perawat RSUD Bung Karno menata tempat tidur di salah satu ruang perawatan rumah sakit tersebut. (SM/Yusuf Gunawan)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Tingkat keterisian rumah sakit, bed occupancy ratio, rujukan Covid-19 di Jabar menunjukan tren melandai seiring pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada awal bulan ini.

Berdasarkan data, dari semula 90,91 persen, tingkat BOR di provinsi tetangga Jabar menurun ke angka 79,54 persen. Meski demikian, kedisplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sangat diharapkan.

Menurun Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar, Daud Achmad, penurunan BOR harus disertai dengan penguatan penerapan protokol kesehatan (prokes) terutama 5M dari mulai masker hingga mengurangi mobilitas. Hal itu dilakukan agar pandemi bisa mereda.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Pelaksanaan Kurban Optimalkan Hari Tasyriq: Hindari Kerumunan

"Keterisian rumah sakit konsisten mengalami penurunan sejak PPKM Darurat diberlakukan. Kabar baik ini harus disertai dengan peningkatan kedisiplinan masyarakat menerapkan prokes, supaya BOR ini bisa terus turun hingga 30 persen seperti sebelum libur Lebaran," katanya dalam keterangannya, Senin (19/7/2021).

Penurunan BOR sendiri tidak lepas dari upaya yang dilakukan semua pihak termasuk tiga strategi yang diambil Pemprov Jabar di antaranya pemanfaatan ruang isolasi desa, menaikkan rasio tempat tidur untuk pasien Covid-19 dari jatah pasien umum, memindahkan pasien COVID-19 yang mau sembuh setelah mendapatkan penanganan dan perawatan di rumah sakit ke pusat pemulihan, seperti hotel dan gedung negara.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X