Ridwan Kamil Minta Pelaksanaan Kurban Optimalkan Hari Tasyriq: Hindari Kerumunan

- Senin, 19 Juli 2021 | 18:33 WIB
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengimbau pelaksanaan kurban di Hari Raya Iduladha 1442 H supaya mengoptimalkan hari tasyriq dan juga membeli hewan kurban dengan memanfaatkan teknologi dengan bertransaksi online.

Penyembelihan hewan kurban, katanya, dapat berlangsung dalam waktu 3 hari, yaitu pada tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah 1442 Hijriah.

"Tujuannya, untuk menghindari kerumunan di lokasi penyembelihan hewan kurban," katanya dalam keterangannya, Senin (19/7).

Tak hanya itu, Emil pun meminta penyembelihan hewan kurban sebaiknya dilaksanakan di Rumah Pemotongan Hewan Ruminasia (RPH-R). Namun mengingat keterbatasan lokasi, pemotongan dapat dilakukan di luar RPH-R dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: PT KAI Kirim 122 Ton Oksigen untuk Penanganan Covid-19, Gratiskan Biaya Angkut

"Satu petugas satu alat, jangan bergantian. Sementara pemilik hewan kurban tidak perlu hadir di lokasi, panitia bisa memfasilitasi dengan alat komunikasi, bisa zoom atau lainnya," katanya.

Dia menambahkan pendistribusian daging hewan kurban juga harus dilakukan dari rumah ke rumah, sehingga tidak menimbulkan kerumunan di lokasi penyembelihan kurban.

Untuk lokasi penjualan hewan kurban, mantan Wali Kota Bandung itu menegaskan wajib menerapkan protokol kesehatan, guna menjaga lokasi berjualan dan hewan kurban tetap bersih. Bahkan akan jauh lebih baik untuk penjualan bisa dilakukan secara online atau mengoordinasikan pembelian hewan kurban melalui DKM bersangkutan.

"Pandemi COVID-19 memaksa kita semua untuk beradaptasi dalam merayakan hari besar keagamaan, tidak terkecuali Idul Fitri dan Idul Adha. Kita dipaksa menunda tradisi-tradisi hari kemenangan karena yang terpenting saat ini adalah masyarakat harus memastikan kesehatan dirinya dan keluarga," ucapnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Murni Korsleting, Kebakaran Muncul dari Jam Digital

Selasa, 21 September 2021 | 10:24 WIB

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB

Ecofarming Tekan Biaya Produksi Hingga 70 Persen

Senin, 20 September 2021 | 16:40 WIB
X