Kestabilan Harga Daging Sapi Tak Diikuti Daya Beli Masyarakat

- Senin, 19 Juli 2021 | 13:25 WIB
Daging sapi. (suaramerdeka.com / dok)
Daging sapi. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Mendekati Hari Raya Idul Adha, harga daging sapi masih cukup stabil dengan kisaran antara Rp 118.500 - 118.700 per kilogram.

Namun di lain pihak, daya beli masyarakat umumnya menurun akibat pandemi hingga akses ke daging sapi masih menjadi terbatas.

“Sayangnya kestabilan harga ini tidak diikuti dengan daya beli masyarakat yang menurun akibat terdampak pandemi Covid-19,” kata Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Indra Setiawan.

Baca Juga: Tanggal 20 Juli 2021 BRT Tidak Beroperasi, Karyawan Dilarang Ke Luar Kota

Dikatakan, mereka yang tergolong prasejahtera tetap tidak bisa mengakses daging sapi walaupun harganya stabil karena berkurangnya pendapatan.

“Penurunan daya beli masyarakat juga memengaruhi jumlah sapi yang dibeli untuk kurban,” jelas

Salah satu sebab stabilnya harga dari komoditas strategis ini, selain permintaan yang menurun, adalah realisasi impor daging jenis lembu pada Januari dan Februari 2021 yang mencapai 84.142 ton.

Belum lagi, kenaikan harga dapat diantisipasi dengan mencukupi persediaan daging menjelang Ramadan.

Baca Juga: Film Pemenang Cannes Film Festival 2021 Resmi Tayang di Indonesia

Namun harga jual daging lembu ini sebenarnya masih bisa ditekan bila saja salah satu persoalan pada komoditas penting ini, yaitu rantai distribusi yang panjang yang berdampak pada munculnya biaya tambahan yang tidak sedikit, dapat diatasi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X