Antusiasme Masyarakat pada Program Vaksinasi Tinggi, Sentra Perlu Diperbanyak

- Senin, 19 Juli 2021 | 07:30 WIB
Warga mengikuti penyuntikan vaksinasi Covid-19 di Desa Colo, Kec Dawe, Kab Kudus. (suaramerdeka.com/Saiful A)
Warga mengikuti penyuntikan vaksinasi Covid-19 di Desa Colo, Kec Dawe, Kab Kudus. (suaramerdeka.com/Saiful A)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sejak program vaksinasi massal digelar, antusiasme masyarakat di berbagai daerah sangat tinggi terlebih saat PPKM Darurat ditetapkan.

Besarnya animo masyarakat mengikuti vaksinasi ini adalah momentum yang sangat tepat bagi Pemerintah untuk segera melancarkan berbagai strategi percepatan vaksinasi.

Selain harus memastikan ketersediaan vaksin dan kelancaran distribusinya, sudah saatnya sentra-sentra vaksinasi diberbanyak.

Strategi menjemput bola misalnya mobil vaksin keliling juga menjadi opsi yang sangat efektif menyentuh warga yang mempunyai keterbatasan akses mobilitas maupun waktu.

Baca Juga: Kejar Target Vaksinasi, BIN Bantu Proses Percepatan

Anggota DPD RI Fahira Idris mengungkapkan, tingginya minat masyarakat untuk divaksinasi saat ini harus diantisipasi dengan mendekatkan dan memudahkan masyarakat mengakses vaksin.

“Antusiasme masyarakat yang sangat tinggi adalah momentum yang sangat tepat untuk memperluas dan menjangkau sebanyak mungkin rakyat untuk divaksinasi. Jangan sampai kita kehilangan momentum ini,” kata dia.

Oleh karena itu, langkah penting yang harus dilakukan mendekatkan dan memudahkan masyarakat mengakses vaksin salah satunya dengan memperbanyak sentra-sentra dan pos-pos vaksinasi.

Baca Juga: Bupati Demak Salurkan Beras PPKM Darurat untuk 91.200 Keluarga

Agar jangkauan vaksinasi lebih meluas, strategi jemput bola misalnya mobil vaksin keliling seperti yang ada di Jakarta bisa direplikasi di daerah-daerah lain.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X