Kelas Bahasa Indonesia Diminati Pengusaha India

- Minggu, 18 Juli 2021 | 21:12 WIB

JAKARTA, suaramerdeka.com - KJRI Mumbai bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi secara resmi telah membuka kelas Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) untuk kalangan komunitas pengusaha di Indonesia (12/07/2021).

Kelas yang akan berlangsung hingga 31 Oktober 2021 ini diselenggarakan karena minat para pengusaha di India untuk belajar Bahasa Indonesia.

Konjen RI Mumbai, Agus P. Saptono mengatakan bahwa pembukaan Program “BIPA For Business Community" tersebut dilatarbelakangi oleh peningkatan hubungan Indonesia dan India dalam berbagai aspek, terutama pada sektor ekonomi dan pariwisata yang diikuti meningkatnya people to people contact.

Keberadaan Bahasa yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak sebagai sarana komunikasi menjadi sangat penting. Sarana pembelajaran bahasa Indonesia di India, tentunya akan berkontribusi terhadap kedekatan dan trust building antar pemangku kepentingan India-Indonesia.

Baca Juga: Persatuan Emirat Arab Kirim Bantuan Vaksin, Oksigen, dan Alkes untuk Indonesia

Kepala Badan Bahasa, Endang Aminuddin Azis mengapresiasi inisiatif KJRI Mumbai dalam mengadakan kelas Bahasa Indonesia ini. Ia menambahkan kelas ini Program BIPA yang sangat spesifik dan pertama kalinya difasilitasi oleh Badan Bahasa.

Minat yang ditunjukkan oleh para pengusaha India untuk belajar Bahasa Indonesia merupakan modalitas yang bagus bagi pengusaha India dan Indonesia guna memperkuat konektivitas, kesepahaman sekaligus memperkuat hubungan kedua negara.

Setidaknya 120 pengusaha India telah mendaftarkan diri untuk mengikuti program BIPA for Business Community, yang terbagi ke dalam empat kelas pembelajaran. Kelas-kelas ini diselenggarakan secara daring dan diampu oleh dua orang guru BIPA yang sudah berpengalaman dari Badan Bahasa.

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X