PBNU dan PP Muhammadiyah Imbau Dana Kurban Disedekahkan untuk Warga Terdampak Covid-19

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 19:35 WIB
Logo NU dan Muhammadiyah./Foto: Istimewa
Logo NU dan Muhammadiyah./Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak di masyarakat, tak hanya sektor kesehatan. Sekotor ekonomi juga mengalami dampak yang serius akibat wabah virus corona.

Diterapkannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, sangat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang pada akhirnya berimbas pada sektor perekonomian.

Pada hari Selasa 20 Juli 2021, umat Islam akan memperingati Hari Raya Iduladha. Dimana pada hari tersebut umat Islam disunnah kan untuk menyembelih hewan kurban.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Pusat Muhammadiyah mengimbau masyarakat yang ingin berkurban agar mendonasikan atau mensedekahkan dananya untuk membantu warga terdampak Covid-19.

Baca Juga: 2 Pekan PPKM Darurat, Kasus Covid-19 Mulai Menurun

"Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak buruk di masyarakat terutama timbulnya masalah sosial-ekonomi. Oleh karena itu, PBNU mengimbau warga nahdliyin yang memiliki kemampuan secara ekonomi agar mendonasikan dana yang akan dibelikan hewan, untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19," demikian dikutip dari Surat Edaran PBNU 4162/C.I.34/07/2021, Sabtu 17 Juli 2021.

Surat edaran ini terbit pada 28 Dzulqa'dah 1442 H atau 9 Juli 2021. SE ini ditandatangani Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Sekjen PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Meski demikian, PBNU mempersilakan warga yang mampu bila ingin tetap membeli hewan kurban, serta membantu warga terdampak Covid-19.

"Warga nahdliyin yang memiliki kemampuan untuk berdonasi dalam rangka membantu penanggulangan dampak Covid-19, dan juga memiliki kemampuan untuk melaksanakan kurban dipersilakan untuk melaksanakan keduanya," demikian tertulis dalam poin d edaran tersebut, sebagaimana dikutip suaramerdeka.com dari laman resmi Kemenag.

Baca Juga: Minggu Besok Puasa Tarwiyah, Ini Keistimewaan dan Lafal Niat Puasanya

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kemenag

Tags

Terkini

X