Dalam Sepekan, 20 Jutaan Vaksin Covid-19 Berdatangan

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 18:02 WIB
Vaksin Berbayar. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (team SMcom04)
Vaksin Berbayar. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (team SMcom04)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Sekretaris Perusahaan sekaligus Juru Bicara Bio Farma, Bambang Heriyanto menjelaskan bahwa selama sepekan terakhir, Holding BUMN Farmasi itu telah menerima lebih dari 20 juta dosis baik dari jalur multilateral maupun bilateral.

“Selama seminggu ini, kami menerima tambahan persediaan vaksin Covid-19 sebanyak 22,9 juta dosis," tandasnya dalam keterangan Sabtu (17/7).

Vaksin itu berdatangan pada periode tanggal 11-16 Juli 2021. Mulai vaksin Moderna gelombang pertama melalui Covax facility sebanyak 3 juta dosis, bulk vaksin Sinovac sebanyak 10 juta dosis, Sinopharm datang sebanyak dua kali pengiriman yakni pada tanggal 13 dan 17 Juli masing - masing sebanyak 1,4 juta dosis (vaksin ini akan digunakan untuk Program Vaksinasi Gotong Royong).

Kemudian AstraZeneca Covax Facility sebanyak 3,4 juta dosis, dan Moderna Gelombang kedua melalui Covax sebanyak 1,5 juta dosis, kemudian AstraZeneca bantuan pemerintah Jepang sebanyak 1,1 juta dosis dan AstraZeneca melalui Bilateral sebanyak 1,04 juta dosis.

Baca Juga: Gelar Baksos Peduli Covid-19, Kapolres Temanggung: Jualan Tidak Larang, Tapi Ikuti Aturannya

Kiriman AsreaZeneca sebanyak 1,04 juta dosis itu merupakan tahap pertama dari total kedatangan vaksin serupa yang berjumlah 50 juta dosis. Dengan kedatangan vaksin pada hari ini, maka total jumlah vaksin yang sudah diterima oleh Indonesia sebanyak 142,7 juta dosis.

Jumlah tersebut didistribusikan dan diperuntukan sesuai arahan dari pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI.

Untuk sementara, keseluruhan vaksin tersebut disimpan terlebih dulu di gudang penyimpanan Bio Farma untuk dilakukan pemeriksaan secara internal dan juga Badan POM.

Khusus untuk vaksin Covid-19 dari Sinopharm, akan disimpan di gudang Kimia Farma. Ditambahkan, proses fill and finish produk vaksin Covid-19 sendiri masih terus berjalan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Rapat Ini Jadi Penentu Lahirnya Sumpah Pemuda

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Baznas Jateng Bantu Alat Dakwah Virtual

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:56 WIB
X