Kapasitas Penanganan Covid-19 Dioptimalkan, Menkes: Protokol Kesehatan Harus Diperketat

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:36 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (suaramerdeka.com / Humas Setkab)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (suaramerdeka.com / Humas Setkab)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, upaya pemenuhan kebutuhan untuk penanganan pasien Covid-19, terutama ketersediaan tempat tidur, obat-obatan, dan oksigen, terus dioptimalkan pemerintah.

Di sisi hulu, Presiden RI Joko Widodo juga menekankan, penerapan protokol kesehatan juga harus diperketat untuk menekan laju penularan Covid-19.

“Rumah sakit-rumah sakit ini berapapun ditambah tidak pernah akan cukup, kalau di sisi hulunya tidak kita perketat. Jadi beliau [Presiden] memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) itu harus diperketat.”

”Diminta agar seluruh kementerian/lembaga dengan bantuan media bisa menyosialisasikan ini ke masyarakat, terutama yang paling penting adalah memakai masker,” ujar Menkes.

Baca Juga: ASN Kemenag di Zona Merah dan Oranye Tak Boleh Jadi Khatib atau Imam Shalat Ied

Soal ketersedian tempat tidur, kata Menkes, pemerintah telah menyediakan Rumah Sakit Asrama Haji Pondok Gede berkapasitas seribu tempat tidur  yang terdiri dari 900 tempat tidur perawatan dan 100 tempat tidur ICU.

“[Dalam Rapat Terbatas] kami juga meng-update mengenai tambahan sekitar 300 tempat tidur di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan juga kami update ada tambahan antara 300-500 tempat tidur lagi yang dilakukan oleh Rumah Sakit Pertamina di Jakarta. Jadi, total mungkin ada persediaan hampir 2.000 tempat tidur tambahan yang sedang dipersiapkan untuk pasien dengan kategori sedang,” ujarnya.

Selain itu, terang Budi, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga mengupayakan pembangunan rumah sakit (RS) lapangan di berbagai wilayah di Tanah Air.

Baca Juga: Pendanaan Vaksinasi Gotong Royong Tak Berasal dari APBN, Ini Penjelasan Wamen BUMN

“Kami juga bekerja sama dengan tim dari Kementerian PUPR, sudah mengunjungi Bandung dan juga Jawa Tengah dan sudah mengidentifikasi beberapa tempat untuk pembangunan rumah sakit lapangan yang memberikan tambahan tempat tidur, kalau memang diperlukan.”

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Heboh! Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:55 WIB
X