Kanwil Kemenag Siapkan Naskah Khotbah, Tiga Masjid Tiadakan Shalat Iduladha

- Jumat, 16 Juli 2021 | 23:17 WIB
H Musta’in Ahmad (SM/Agus Fathuddin)
H Musta’in Ahmad (SM/Agus Fathuddin)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah H Musta’in Ahmad mengatakan, pihaknya telah menyiapkan naskah khotbah Iduladha 1442H yang bisa dipakai untuk Shalat Id di rumah masing-masing.

‘’Kanwil Kementerian Agama sudah menyiapkan naskah khotbah yang sederhana yang bisa dipakai bahkan oleh orang yang masih awam terhadap khotbah. Jadi kita upayakan ada panduan dan Insya Allah mulai hari ini hari Jumat kemarin panduan atau naskah khotbah Iduladha di rumah nanti kita sebarluaskan ke masyarakat,’’ kata Musta’in Ahmad kepada wartawan, kemarin.

Demikian juga terkait dengan tata cara tata laksana pelaksanaan Shalat Iduladha di rumah, pihaknya sudah menyiapkan video animasi dengan harapan masyarakat juga bisa mengikuti atau melaksanakan Shalat Iduladha di rumah dengan mudah.

Dia mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan memotivasi masyarakat Jawa Tengah agar Covid-19 segera berakhir antara lain dengan cara mengelola Iduladha dengan baik supaya tidak muncul penularan baru.

Baca Juga: Naturalisasi Pemain Asing Timnas Basket Mulai Diproses

‘’Pernyataan saya selaku Kepala Kanwil Kemenag sebagaimana Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 202, ini sejalan dengan Tausiah MUI Jawa Tengah Nomor 5 Tahun 2021 tanggal 15 Juli tahun 2021. Maka kami mohon untuk umat Islam di Jawa Tengah melaksanakan Shalat Iduladha di rumah masing-masing,’’ tegasnya.

Menurut Musta’in, apa yang menjadi pemikiran, yang menjadi pedoman pemerintah maupun ulama, dalam hal ini MUI, sudah sama yaitu kondisinya sedang dalam keadaan darurat.

‘’Kita harus mendahulukan menjaga keselamatan jiwa caranya salah satunya adalah Shalat Iduladha di rumah. Nah itu tentu diawali juga dengan takbir mengagungkan kebesaran nama Allah juga dari rumah. Takbiran tidak ada takbir bersama, takbir keliling tidak ada takbir arak-arakan, berkendaraan pun berjalan kaki tidak ada, semua takbiran di rumah,’’ katanya.
 
Sementara itu tiga masjid di Kota Semarang yakni Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya Semarang, Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Jawa Tengah Jalan Pandanaran 126, Simpanglima Semarang dan Masjid Agung Semarang (MAS) Alon-alon Barat, Kauman sepakat meniadakan Shalat Iduladha 1442H.

Baca Juga: Isolasi Mandiri, Kapolri: Kekurangan Obat Lapor Babinsa

‘’Kami sepakat mendukung keputusan pemerintah, Kemenag maupun MUI untuk melaksanakan Shalat Id di rumah masing-masing. Kumandang takbir tetap dilaksanakan oleh pengurus takmir masjid dan mushala. Ini situasi darurat dan harus kita laksanakan,’’ tegas Ketua Bidang Takmir Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Jawa Tengah Dr H Multazam Ahmad kemarin.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X