Wakil Ketua MPR: Paket Obat Gratis Harus Tepat Sasaran

- Jumat, 16 Juli 2021 | 20:19 WIB
Foto :suaramerdeka.com / ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto :suaramerdeka.com / ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengapresiasi keputusan pemerintah membagikan paket obat dan vitamin gratis kepada masyarakat yang terpapar virus Corona dan melakukan isolasi mandiri (isoman).

"Langkah tersebut akan sangat membantu pasien isoman di tengah kelangkaan obat yang terjadi saat ini," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat 16 Juli 2021.

Menurutnya, pembagian obat gratis itu perlu dibarengi dengan pengawasan yang ketat dan berlapis sampai ke desa-desa agar tidak diselewengkan oleh pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kondisi pandemi untuk meraup keuntungan pribadi dan kelompok.

Baca Juga: Gugur Karena Covid-19, Ahli Waris Nakes Peserta BPJAMSOSTEK Terima Santunan

Salah satu potensi penyelewengan yang perlu mendapatkan perhatian dan pengawasan khusus, yakni jangan sampai paket obat gratis itu diperjualbelikan, mengingat saat ini permintaan terhadap obat-obatan untuk mengatasi virus corona sedang melambung tinggi.

"Berbagai kasus penyelewengan terkait dengan penanganan covid-19 yang terjadi selama ini hendaknya menjadi pelajaran bagi semua pihak, jangan sampai terulang dalam pelaksanaan pembagian paket obat gratis ini," ungkapnya

Segala potensi kecurangan, lanjut anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai NasDem itu, perlu dicegah sejak dini agar tujuan mulia untuk membantu pasien isoman benar-benar tepat sasaran.

Untuk itu, Lestari mengingatkan tentang pentingnya data yang lengkap dan akurat mengenai pasien isoman, baik secara nasional, provinsi, kabupaten/kota hingga desa.

Hal itu penting agar pembagian obat gratis, selain tepat sasaran, juga dapat berlangsung cepat dan lancar mengingat sebaran penularan covid-19 telah menjangkau seluruh (34) provinsi di Tanah Air.

Baca Juga: Hendi Tekankan Idul Adha Jadi Momentum Saling Membantu

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Digitalisasi Tetap Menjadi Kunci Pengembangan Daerah

Rabu, 22 September 2021 | 14:33 WIB

Bupati Kolaka Timur dan Lima Staf Terjaring OTT KPK

Rabu, 22 September 2021 | 10:53 WIB

Pak Penghulu pun Kenakan APD

Rabu, 22 September 2021 | 01:35 WIB

PTM Tanpa Izin, 90 Siswa Terpapar Virus Korona

Rabu, 22 September 2021 | 01:29 WIB

Rehab Rumah Tak Layak Huni, BRI Gombong Bantu Rp 50 Juta

Selasa, 21 September 2021 | 21:46 WIB
X