Inovasi Optimal Tingkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat, Kemendagri Minta Fokus 6 Area Ini

Red
- Jumat, 16 Juli 2021 | 11:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri PAN RB RI Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menteri PAN RB RI Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik

JAKARTA, suaramerdeka.com - Hasil inovasi yang optimal dapat meningkatkan kualitas serta memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, inovasi daerah harus dapat ditingkatkan

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) Agus Fatoni meminta pemerintah daerah (Pemda) bisa fokus pada enam area inovasi

“Pemerintah daerah diharapkan bisa lebih fokus pada 6 area inovasi, yaitu inovasi administrasi pemerintahan, inovasi manajemen pemerintahan, inovasi kebijakan, inovasi frugal, inovasi teknologi, dan inovasi sosial," kata Fatoni dalam acara Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Provinsi Aceh Tahun 2021 di dalam jaringan (daring) yang dirilis, Jumat, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: BPS: Jumlah Penduduk Miskin Jateng Maret 2021 Turun 10,18 Ribu Orang

Inovasi bukanlah kewajiban, melainkan kebutuhan dasar guna menghasilkan pelayanan publik yang profesiona, demikian ungkapnya. kata Fatoni menekankan pentingnya inovasi bagi pemerintah daerah.

Penerapan inovasi di bidang administrasi, menurut Fatoni, dapat dilakukan dengan mengadopsi cara baru dalam mengelola pemerintahan serta melakukan revolusi administrasi birokrasi secara akuntable.

Selanjutnya, Pemda juga dapat melahirkan inovasi di area manajemen, guna melakukan pembaruan prosedur dan birokrasi dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi.

“Inovasi kebijakan dengan pendekatan yang lebih efisien, implementatif, dan dapat diadopsi berbagai pihak, juga perlu diterapkan pemerintah daerah,” kata Fatoni.

Baca Juga: Angka Kemiskinan dan Pengangguran Berhasil Ditekan, Sri Mulyani Klaim Anggaran PEN Lindungi Kelompok Rentan

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X