1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia, Total Sudah 4,5 Juta Dosis Diterima

- Jumat, 16 Juli 2021 | 09:36 WIB
Vaksin Moderna/Foto istimewa
Vaksin Moderna/Foto istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 1,5 juta dosis vaksin jadi Moderna tiba di Indonesia melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menuturkan, pasokan vaksin Covid-19 itu diamankan karena diperlukan untuk vaksinasi nasional.

“Kami kembali menerima kedatangan vaksin jadi Moderna tahap kedua sebesar 1.500.100 dosis. Ini merupakan dukungan kerja sama Amerika Serikat melalui jalur multilateral COVAX Facility,” ujar Menlu dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin tersebut, secara virtual.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pemerintah Pastikan Kondisi Keuangan Indonesia Terkendali

Selain vaksin Moderna ini, imbuh Menlu, Indonesia juga menerima pengiriman tahap kedua vaksin jadi AstraZeneca sebanyak 1.162.840 dosis, yang merupakan dukungan kerja sama bilateral dengan skema dose-sharing dari Pemerintah Jepang.

“Jumlah vaksin, baik dari Amerika [Serikat] maupun Jepang ini sejalan dengan komitmen, baik yang disampaikan Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Secretary Antony Blinken dan National Security Advisor Jake Sullivan, serta komunikasi saya dengan Menlu Jepang Motegi, baik melalui telepon maupun saat pertemuan di sela-sela KTM G20 di Italia, 29 Juni yang lalu,” ujarnya.

Atas dukungan yang diberikan oleh kedua negara sahabat tersebut, Menlu juga menyampaikan apresiasinya.

Baca Juga: Ketersediaan Obat Pasien Covid-19 Dipastikan Terpenuhi, Erick: Kami Mau Rakyat Segera Sembuh

“Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin sekali lagi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Amerika Serikat dan Jepang yang telah berbagi dosis vaksin, baik melalui jalur bilateral maupun multilateral,” ujarnya.

Dengan kedatangan ini, maka jumlah vaksin Moderna dukungan kerja sama Pemerintah AS melalui COVAX Facility yang telah diterima Indonesia adalah sebesar 4.500.160 dosis.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LRT Kecelakaan di Cibubur, Diduga Human Error

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:52 WIB
X