Kasus Covid-19 Kian Melonjak, Pemerintah Bersinergi Perkuat Fasilitas Kesehatan

- Jumat, 16 Juli 2021 | 07:45 WIB
Dialog Produktif KPCPEN yang ditayangkan di FMB9ID_IKP. (suaramerdeka.com / dok)
Dialog Produktif KPCPEN yang ditayangkan di FMB9ID_IKP. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Penambahan kasus harian Covid-19 pada 14 Juli 2021 mencapai 54.517, sehingga total jumlah kasus mencapai 2.670.046 kasus.

Menyikapi lonjakan kasus ini, pemerintah melakukan mitigasi dan berkoordinasi dengan lintas lembaga.

Kementerian Kesehatan menginstruksikan agar rumah sakit yang menyelenggarakan layanan Covid-19 segera mengalihfungsikan tempat tidur perawatan.

Di antaranya sebanyak 40 persen bagi ruang isolasi pasien Covid-19 di zona merah, 30 persen di zona oranye, dan 20 persen di zona kuning.

Baca Juga: Indonesia Akan Menerima 50 Juta Dosis Vaksin Pfizer Sepanjang 2021

Lalu penambahan ICU untuk perawatan Covid-19 di zona merah 25 persen, 15 persen di zona oranye, dan 10 persen di zona kuning.

dr. Azhar Jaya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan menjelaskan Pemerintah terus berusaha keras untuk menambah jumlah tempat tidur yang saat ini.

“Pada Mei lalu Kemenkes telah menambah tempat tidur sebanyak 40.000, jadi saat ini ada sebanyak 120.104. Ini berkat kerja sama dan dukungan yang kuat dari Kemenkes, Pemerintah Daerah, TNI-Polri dan BUMN dalam hal ini Pertamina dengan anak usahanya Pertamedika untuk menambah tempat tidur secara cepat,” ujarnya pada Dialog Produktif KPCPEN yang ditayangkan di FMB9ID_IKP, Kamis (15/7).

Baca Juga: Bantuan Sopir, Kernet dan Juru Parkir di Kebumen Cair, Ini Besarannya

dr. Azhar Jaya juga berterima kasih kepada Kementerian Agama dan Kementerian PUPR atas partisipasinya mempercepat penyediaan tempat tidur tambahan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X