Angka Covid-19 di Indonesia Terus Naik, Peringatan Semua Pihak Kuatkan Koordinasi Penanggulangan

- Kamis, 15 Juli 2021 | 15:39 WIB
Nakes yang menangani kasus Covid-19 di Indonesia.  Foto Pikiran Rakyat /TYRONE SIU
Nakes yang menangani kasus Covid-19 di Indonesia. Foto Pikiran Rakyat /TYRONE SIU


JAKARTA, suaramerdeka.com -Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengingatkan bahwa kasus baru Covid-19 yang terus meroket hendaknya menjadi peringatan bagi semua pihak untuk semakin meningkatkan koordinasi, kerja sama, dan saling mendukung dalam berbagai langkah dan upaya penanggulangan pandemi Covid-19.

"Ini peringatan bagi kita semua agar bekerja lebih keras, saling mendukung, dan tidak terjebak pada polemik saling menyalahkan karena akan melemahkan kita dalam mengahadapi tingkat penularan virus Corona yang kian meroket," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis 15 Juli 2021.

Menurut politikus Partai Nasdem ini, penambahan kasus baru dalam jumlah signifikan di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa-Bali, merupakan masukan bagi pemerintah, Satgas Covid-19, dan aparat keamanan untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap penerapan PPKM darurat.

Baca Juga: Vonis untuk Edhy Prabowo Diprediksi sesuai Tuntutan JPU, MAKI: Seharusnya Naik 10 Tahun

"PPKM darurat bertujuan untuk menekan laju penularan covid-19 di Tanah Air. Tapi bila tingkat penularannya malah meningkat tajam, tentu perlu dievalusi secara cermat dan menyeluruh agar penerapan PPKM darurat ke depan lebih efektif," ujarnya.

Sebelum memutuskan perpanjangan PPKM darurat sebaiknya pihak-pihak terkait terlebih dahulu mengevaluasi dan menganalisis dengan didukung data-data yang akurat, mengapa penularan virus Corona justru meningkat pada saat penerapan PPKM darurat.

"Sejauh ini, klaster keluarga menjadi 'penyumbang' terbesar peningkatan kasus positif covid-19 di Indonesia. Harus dicari tahu mengapa hal itu terjadi dan bagaimana upaya pencegahannya," tutur anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem itu.

Baca Juga: Siswa Buat Video Kreatif saat MPLS, Pendaftar di SMPN 2 Tengaran Membeludak

Lebih lanjut, Lestari mengatakan efektivitas penerapan PPKM darurat sangat ditentukan oleh tingkat kesadaran mayarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan mematuhi setiap pembatasan dan larangan aktivitas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X