Aparat Perlu Beri Pemahaman Petugas Lapangan, La Nyalla: Agar Lebih Sensitif Ingatkan Pelanggar

- Rabu, 14 Juli 2021 | 16:22 WIB
La Nyalla M Mattalitti (Foto Istimewa)
La Nyalla M Mattalitti (Foto Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Petugas Polri, TNI, maupun Satpol PP, diminta untuk mengedepankan pendekatan humanis kepada masyarakat. Khususnya saat memberi peringatan dalam operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Karenanya, pimpinan TNI/Polri dan kepala Daerah perlu memberikan pemahaman lebih mendalam kepada petugas pelaksana penertiban PPKM Darurat di lapangan," kata Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Rabu (14/7).

Hal itu karena banyak masyarakat yang kondisinya sudah sulit akibat pandemi. Sementara, PPKM Darurat membuat masyarakat yang mencari nafkah dengan mengandalkan pemasukan harian, menjadi semakin kesusahan.

Baca Juga: Riset Perguruan Tinggi Tak Boleh Berhenti di Tengah Situasi Pandemi

"Maka penting sekali agar petugas lebih sensitif ketika mengingatkan pelanggar. Petugas pun harus mengetahui sektor-sektor yang seharusnya mendapatkan prioritas," ujarnya.

Di mana petugas harus memahami sektor-sektor esensial, non esensial dan kritikal. Berdasarkan Inmendagri No 15/ tahun 2021, pekerja di bidang esensial dan kritikal boleh melewati penyekatan PPKM Darurat.

"Apabila petugas memahami dengan benar aturan pelaksanaan PPKM Darurat, keributan bisa dihindari. Khususnya jika melibatkan personel TNI, Polri, temasuk juga Paspampres," tandasnya.

Penindakan

Jika petugas menemukan masyarakat melakukan pelanggaran, lanjutnya, maka penindakan juga harus dilakukan secara humanis. Boleh saja penindakan dilakukan, termasuk juga penangkapan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB

PTM Tak Akan Disetop

Jumat, 24 September 2021 | 01:10 WIB

Membudidayakan Klanceng agar Sejahtera

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB

Jokowi Tidak Ingin Ada Konflik Agraria di Banyak Daerah

Kamis, 23 September 2021 | 13:20 WIB
X