Airlangga Tegaskan Masyarakat Indonesia Vaksin Gratis, Vaksinasi Gotong Royong untuk Pekerja Asing

- Selasa, 13 Juli 2021 | 16:47 WIB
Airlangga Hartarto./suaramerdeka.com/Kemenko Perekonomian
Airlangga Hartarto./suaramerdeka.com/Kemenko Perekonomian

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa masyarakat Indonesia akan tetap mendapatkan vaksin secara gratis.

Vaksin gratis bisa diperoleh melalui program vaksinasi pemerintah untuk mencapai kekebalan komunal di akhir tahun.

Sedangkan pemberlakuan vaksin berbayar melalui vaksinasi Gotong Royong tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 ini ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan vaksinasi seperti warga negara atau pekerja asing di Indonesia yang memegang kartu KITAP dan KITAS.

Baca Juga: 27 Exit Tol Jateng Ditutup, Masyarakat Diimbau Tetap di Rumah Saja

"Sekali lagi para individu yang ingin volunteer, terutama ini juga untuk pekerja yang memiliki KITAS dan KITAP dimana dengan regulasi PPKM Darurat ini mereka diwajibkan divaksin sebelum terbang. Oleh karena itu, VGR (Vaksinasi Gotong Royong) diperluas yang dapat diakses oleh individu,” katanya dalam keterangan virtual, Senin 12 Juli 2021.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menambahkan pemerintah menjamin jumlah vaksin untuk vaksinasi gotong royong jauh lebih sedikit dibandingkan vaksin yang menjadi program pemerintah.

"VGR ini menggunakan jenis vaksin berbeda dengan vaksin program dan tidak ada vaksin gratis yang diberikan untuk VGR,” tegasnya.

Baca Juga: Gerakan Sedekah Rombongan : Antar Jemput Pasien Duafa, Sediakan Rumah Singgah Gratis

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini meminta masyarakat tidak khawatir karena tetap bisa mendapatkan vaksin gratis melalui program vaksinasi pemerintah.

Pemerintah telah menetapkan daftar rumah sakit dan klinik yang bisa melayani vaksinasi gotong royong berbayar. Setidaknya ada 212 rumah sakit dan 179 klinik kesehatan yang bisa memenuhi permintaan vaksinasi berbayar dari program VGR.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Atlet Program Semarang Emas Jalani Tes Fisik

Minggu, 28 November 2021 | 13:41 WIB

Banjir Bandang di Garut, 21 Rumah Rusak

Minggu, 28 November 2021 | 08:42 WIB

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X