BOR Turun, Ridwan Kamil: Mudah-mudahan Jadi Awal yang Baik. Mobilitas Masih Harus Dikendalikan

- Senin, 12 Juli 2021 | 20:13 WIB
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di Jabar yang sudah berjalan sepekan dianggap sudah memberikan dampak kendati belum signifikan.

"Tingkat BOR (bed occupancy ratio), turun 3 persen. Mudah-mudahan ini jadi awal yang baik dalam proses pengendalian laju kasus Covid-19," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil secara daring, Senin (12/7) petang.

Menurut dia, tingkat keterisian rumah sakit sebelumnya mencapai 90,69 persen. Baginya, ini angka rekor. Belakangan, rasionya mulai menunjukan tren turun menjadi 87,6 persen.

Baca Juga: Antisipasi Kelangkaan Oksigen, Pemerintah Siapkan Strategi Ini

Kondisi tersebut, katanya, tak terlepas dari strategi yang dijalankan pihaknya bersama unsur TNI/Polri dan unsur Forkompimda lainnya berupa menekan mobilitas dan pergeseran pusat pemulihan termasuk pemanfaatan hotel.

Meski demikian, dia tak menampik bahwa pergerakan masyarakat selama kebijakan pengetatan itu diberlakukan belum sepenuhnya menggembirakan. Tingkat mobilitas masih tinggi terjadi.

Tiga kota bahkan disebut belum terkendali. Ketiga kota tersebut adalah Kota Bandung, Kota Depok, dan Kabupaten Sukabumi yang dinilainya masih harus berkerja keras untuk dapat menekan mobilitas masyarakatnya.

Untuk itu, Emil berharap kondisi tersebut bisa segera ditangani secara serius mengingat hal itu berkaitan dengan ikhtiar menahan laju pergerakan kasus corona yang menaik.

Baca Juga: PPKM Darurat Berakhir, Kudus Tetap Batasi Mobilitas Warga dan Perketat Prokes

Belum optimalnya penurunan mobilitas itu ditandai pula dengan banyaknya pelanggaran yang dilakukan masyarakat dalam sepekan terakhir pasca kebijakan PPKM darurat dirilis.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X