Antisipasi Kelangkaan Oksigen, Pemerintah Siapkan Strategi Ini

- Senin, 12 Juli 2021 | 20:01 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Humas Setkab/Agung) (Nugroho Wahyu Utomo)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Humas Setkab/Agung) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah sedang menyiapkan tiga strategi untuk mengatasi kelangkaan oksigen bagi para pasien Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan ada tiga cara yang sedang disiapkan.

"Mengenai oksigen, pemerintah akan memperbanyak suplai dengan cara, pertama kita akan membuka impor oksigen dari luar. Sudah diizinkan oleh Bapak Presiden melalui kementerian perindustrian, itu bisa menambah 600-700 ton per hari," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (12/7).

Strategi kedua, adalah dengan mengambil kelebihan suplai oksigen dari industri.

Baca Juga: PSIS Kembali Orbitkan Pemain Muda Hadapi Liga 1 2021

"Kita sudah dibantu juga oleh perusahaan-perusahaan besar, perusahaan yang memiliki kelebihan suplai atau 'excess capacity' dari oksigennya sekitar 360-460 ton per hari yang juga dikoordinasikan dengan Kementerian Perindustrian akan kita pakai," tambah Budi.

Strategi ketiga adalah dengan mengimpor oksigen konsentrator untuk rumah sakit maupun rumah-rumah biasa.

"Pemerintah akan mengimpor banyak oksigen konsentrator dimana sebenarnya ini adalah alat kecil, harganya antara 600-800 dolar AS yang bisa dipasang di rumah sakit dan rumah-rumah untuk memproduksi oksigen dari udara yang penting ada koneksi listriknya saja, dengan demikian tiga strategi itu diharapkan suplai oksigen dapat segera diatasi," ungkap Budi.

Dalam konferensi pers yang sama, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan impor oksigen konsentrator tersebut dapat mengurangi penggunaan oksigen cair sebanyak 50 ribu tabung.

Baca Juga: Narasi Positif Media Massa Percepat Pemulihan Ekonomi dan Covid-19

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X