Jabar Sediakan Layanan Telekomunikasi Bagi Pasien yang Jalani Isoman, 25 Ribu Pesan Masuk

Red
- Senin, 12 Juli 2021 | 17:31 WIB
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan pentingnya layanan telekomunikasi isolasi mandiri Jabar, bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) dan tidak mengetahui secara rinci apa yang harus dilakukan.

Hingga saat ini, layanan ini telah mendapatkan 25 ribu pesan masuk di hotline.

"Masih perlunya dukungan dan edukasi bagi pasien COVID-19 untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika menjalani isolasi mandiri dan mencegah klaster keluarga," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan inisiator Lapor COVID-19 Ahmad Arif dalam konferensi pers virtual dipantau dari Jakarta, Senin, seperti dikutip dari Antara.

Diakuinya, banyak laporan masuk terkait sulitnya pasien isoman menghubungi dokter dan puskesmas serta obat-obatan untuk pasien yang tidak mudah dicari.

Baca Juga: Tren Covid-19 di Kota Semarang Turun, Hendi: Jangan Lengah Kasusnya Masih Tinggi

Karena itu pemerintah provinsi Jawa Barat menginisiasi pengiriman obat gratis menggunakan aplikasi dan adanya layanan telekonsultasi.

"Kalau kita tidak rilis tujuh hari program inovatif ini berarti ada 25.000 orang isolasi mandiri di Jawa Barat yang kebingungan," ujar Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan yang sama, inisiator Lapor COVID-19 Ahmad Arif menyebut masih perlunya edukasi apa yang harus dilakukan selama isolasi mandiri sebagai salah satu langkah mencegah adanya klaster keluarga dan mencegah kematian ketika menjalaninya.

"Pentingnya dukungan sosial ekonomi maupun medis karena banyak pasien isolasi mandiri tidak tahu apa yang harus mereka lakukan, termasuk juga bagaimana mencegah agar tidak menjadi klaster keluarga atau klaster lingkungan dan seterusnya," kata Ahmad Arif.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X