Edukasi Tambah Penghasilan, Desa Binaan IAIN Bone dan PT Astra Panen Nilam Bahan Minyak Astsiri

- Senin, 12 Juli 2021 | 17:11 WIB
projek percontohan dan menghasilkan salah satu minyak astsiri (Kemenag/dok)
projek percontohan dan menghasilkan salah satu minyak astsiri (Kemenag/dok)

BONE, suaramerdeka.com - Masyarakat Desa Manurung, Kec Ulaweng, Bone memanen hasil tanam Nilam. Tanaman ini merupakan bahan pembuat minyak atsiri.

Budidaya nilam di kawasan ini merupakan objek binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bone bekerjasama dengan PT. Astra Internasional TBK. Proses pembinaan dilakukan melalui Program Desa Sejahtera Astra.

Panen hasil tanam Nilam ini dihadiri Rektor IAIN Bone Andi Nuzul dan Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga: Speaker RHM K-222 All In One, Bikin Karaoke di Rumah Lebih Nyaman

Kepala Pusat Penelitian LPPM IAIN Bone, Syamsuriadi mengatakan pihaknya saat ini membina lima desa di kecamatan Ulaweng.

Masing-masing desa bisa mengelola 10 hektar sebagai projek percontohan dan menghasilkan salah satu minyak astsiri terbaik di Indonesia.

“Saat ini kami membina 5 Desa atas suppor PT. Astra Internasional Tbk, masing masing desa bisa mengelola 10 hektar sebagai projek percontohan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Syamsuriadi, proses pengolahan minyak ini dikelola dengan ramah lingkungan dan menghasilkan salah satu minyak atsiri terbaik yang ada di Indonesia dan sudah berorientasi ekspor.

Baca Juga: Atasi Oksigen Langka, Jokowi Izinkan Impor dari Luar

Rektor IAIN Bone Andi Nuzul berharap adanya dukungan dari Pemerintah Daerah dalam mengaktualisasikan program Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian pada masyarakat.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: Kemenag

Tags

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X