Pandemi Ajak Umat Introspeksi, Gus Mus : Jangan Asyik Geluti Dunia

- Senin, 12 Juli 2021 | 09:12 WIB
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) . (suaramerdeka.com / dok)
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) . (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Mustofa Bisri (Gus Mus) mengajak umat untuk introspeksi diri dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dalam kaca mata Gus Mus, pandemi merupakan pelajaran luar biasa dari Allah Swt.

“Hanya orang yang tidak pernah dengar informasi atau dalam istilah sekarang ‘kurang piknik’ yang tak merasakan pelajaran besar dari Allah ini,” kata Gus Mus dalam acara Pembacaan Shalawat Nariyah dan Doa untuk Keselamatan Bangsa dari Wabah pada Sabtu malam (10/7).

“Ketika para kiai memberi peringatan kepada kita, ‘Silahkan jikalau mau mencari dunia, hal itu tidak haram.’ Namun, jangan keterlaluan. Jagalah jarak dengan dunia. Kita butuh apa, itulah yang dicari,” kata pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang sebagaimana dilansir laman nu.or.id.

Baca Juga: Vaksin Moderna Tiba, Digunakan untuk Vaksinasi dan Booster Tenaga Kesehatan

KH Ahmad Mustofa Bisri mengatakan pandemi Covid-19 saat ini bukan pandemi biasa melainkan wabah kemanusiaan secara menyeluruh.

Bukan perorangan. Bukan wabah kelompok, etnis. Bukan pula wabah agama dan negara.

Gus Mus pun menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada dokter serta tenaga medis yang wafat selama pandemi Covid-19.

Terbaru, kabar wafatnya sesepuh NU, KH Zainuddin Dzajuli dari Ploso Kediri. Pelajaran luar biasa hanya orang yang tidak pernah mendengarkan informasi, yang tidak bisa merasakan ada pelajaran besar dari Allah SWT.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Aktif di Luar Jawa-Bali Naik 64 Persen, Airlangga: Perlu Segera Dikendalikan

Kiai kharismatik itu mengingatkan untuk tidak begitu akrab dengan dunia, sehingga menjadikan kita berjarak dengan Tuhan, keluarga, dan anak istri lantaran terlalu asyik menggeluti dunia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X