Gerakan Kebumen di Rumah Saja, Tutup Pasar dan Pertokoan

- Minggu, 11 Juli 2021 | 19:57 WIB
JALAN SEPI: Suasana bundaran Tugu Lawet kota Kebumen tampak sepi saat dilaksanakan Gerakan Kebumen di Rumah Saja, Minggu (11/7). (SM/Supriyanto)
JALAN SEPI: Suasana bundaran Tugu Lawet kota Kebumen tampak sepi saat dilaksanakan Gerakan Kebumen di Rumah Saja, Minggu (11/7). (SM/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Suasana perkotaan di Kabupaten Kebumen, Minggu (11/7) benar-benar lengang. Hal ini sebagai imbas dari gerakan "Kebumen di Rumah Saja" yang dicanangkan oleh Bupati Kebumen.

Melalui Surat Edaran Nomor 443/1322, gerakan "Kebumen di Rumah Saja" akan dilanjutkan kembali poada Minggu 18 Juli 2021. Gerakan ini wajib dilakukan olah semua masyarakat, terkecuali sektor kesehatan yakni rumah sakit, puskesmas, apotek, klinik, dokter praktik mandiri, dan laboratorium kesehatan.

Kemudian pengecualian juga berlaku bagi sektor kebencanaan dan keamanan, energi seperti SPBU, SPBE serta PLN, penyelenggara telekomunikasi, radio, dan televisi.

Baca Juga: Putus Rantai Covid, 23 Ruas Jalan di Semarang Ditutup

Dari pantauan lapangan, Pasar Tumenggungan dan seluruh pertokoan di sepanjang protokol kota Kebumen tidak beroperasi. Tidak terkecuali warung makan, cafe dan restoran memilih tutup. Hanya ada beberapa rumah makan yang melayani pembelian melalui delivery order.

Hal itu terlihat dari beberapa ojek online yang menunggu di depan warung yang pintunya setengah tertutup.

Tidak hanya itu, akses jalan menuju kota Kebumen juga ditutup dari pagi hari hingga malam hari. Pihak Satgas Covid-19 di hari yang sama akan melakukan penyemprotan disinfektan, baik di pasar, pertokoan dan jalan.

Kondisi serupa juga terlihat di Gombong. Sejumlah titik di Gombong yang biasa padat seperti di Jalan Yos Sudarso tampak lengang.

Baca Juga: Tuah Sterling Kembali Diandalkan Lawan Italia

Termasuk di Pasar Wonokriyo, suasana tampak sepi. Kondisi itu dimanfaatkan untuk melakukan fogging dan penyemprotan di dalam salah satu pasar terbesar di Kebumen tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X