Menag Tetapkan 1 Zulhijjah 1442 H Jatuh pada Minggu 11 Juli 2021

- Minggu, 11 Juli 2021 | 11:03 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin sidang isbat 1 Zulhijjah 1442 H secara daring./Foto: Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memimpin sidang isbat 1 Zulhijjah 1442 H secara daring./Foto: Kemenag

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Zulhijjah 1442 H jatuh pada hari ini, Minggu 11 Juli 2021.

Ketetapan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam telekonferensi usai memimpin Sidang Isbat (penetapan) Awal Zulhijah 1442 H, yang digelar secara daring, Sabtu 10 Juli 2021.

“Secara umum tadi sidang isbat berjalan lancar, dimulai dengan pemaparan dari Profesor Thomas Jamaludin sebagai anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama RI, dan beliau menyampaikan tadi bahwa ketinggian hilal di seluruh Indonesia berada pada posisi di atas ufuk. Antara 2 derajat 21 menit sampai 4 derajat 14 menit,” ujar Menag dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Punya Gejala Sama, Simak Kiat Bedakan Flu Biasa dengan Covid-19. Jangan Panik

“Selain itu, terdapat laporan hilal terlihat atau teramati. Sehingga secara mufakat 1 Zulhijah 1442 H, ditetapkan jatuh pada hari Ahad, 11 Juli 2021. Dan dengan begitu Hari Raya Iduladha akan jatuh pada 20 Juli 2021,” imbuh Menag.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini Menag Yaqut Cholil Qoumas memimpin sidang isbat secara daring dari kediamannya di Rumah Dinas, Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta.

Tampak hadir secara daring Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MU) KH Abdullah Jaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Hadir pula para undangan, mulai dari Duta Besar negara sahabat, perwakilan Kementerian/Lembaga, hingga perwakilan ormas-ormas Islam.

Baca Juga: Head to Head Italia Vs England: Gli Azzurri Masih Ungguli The Three Lions

“Seperti kita ketahui, kita terutama yang berada di Jawa dan Bali ini dalam situasi PPKM Darurat. Pemerintah sudah menetapkan PPKM Darurat ini beberapa waktu yang lalu. Karenanya, sidang isbat kali ini pun kita laksanakan sepenuhnya secara daring,” ujar Menag.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kemenag

Tags

Terkini

X