ATensi Gemas Mesra, Program Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial

- Kamis, 8 Juli 2021 | 20:27 WIB

MAKASSAR, suaramerdeka.com - Kementerian Sosial melalui Balai Toddopuli di Makassar melaksanakan Kegiatan Gerakan Menggugah Atensi dan Simpati Menata Solidaritas Rangkul Anak yang disingkat GEMAS MESRA.

Kegiatan ini sesuai dengan Program Kementerian Sosial yang ada dalam Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 16 Tahun 2020 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI).

ATENSI yang dilakukan oleh Kementerian Sosial dilaksanakan melalui 3 (tiga) pendekatan yaitu Berbasis Keluarga, Komunitas, dan Resedensial (Balai).

Baca Juga: Lansia dan Penyandang Disabilitas akan Dilayani Multifungsi

GEMAS MESRA merupakan kegiatan inovasi layanan publik yang dibuat oleh Balai Toddopuli di Makassar dengan maksud dan tujuan melibatkan komunitas sebagai mitra dalam Program Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial bagi warga usia anak.

Kegiatan GEMAS MESRA dibagi kebeberapa Tahapan salah satunya adalah Sosialisasi. Muhammad Yusran, mewakili Kepala Balai Toddopuli di Makassar menjelaskan bahwa tahap Sosialisasi ini bertujuan menjelaskan Program GEMAS MESRA kepada orang tua anak, tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota dari komunitas itu sendiri dan juga masyarakat yang perduli terhadap anak.

Kegiatan GEMAS MESRA ini dilaksanakan di 5 komunitas yang ada di Kota Makassar yakni : 1. Komunitas Anak Pemulung, 2.

Baca Juga: PPKM Darurat, Kejurnas Atletik Jateng Terbuka Batal Digelar

Gerakan Sosial Peduli Indonesia (GSPI), 3. Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan dan Marginal, 4. Crempel, dan 5. Sikolamangkasara.

Yusran juga menjelaskan untuk Tahun 2021 ini GEMAS MESRA diikuti oleh 15 orang anak dari masing-masing komunitas dengan bentuk kegiatan yang akan dilakukan yakni asesmen, dinamika kelompok, bimbingan sosial, minat dan bakat/bimbingan keterampilan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X