Banyak yang Percaya Air Kelapa Penangkal Covid-19, dr Tirta: Mending Belajar Ngomong daripada Sekolah

- Kamis, 8 Juli 2021 | 14:06 WIB
dr Tirta. (istimewa)
dr Tirta. (istimewa)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Melonjaknya kasus Covid 19 juga diringi banyaknya berita hoaks seputar virus corona. Banyak masyarakat yang saat ini mudah percaya dengan berita yang tersebar di media sosial atau aplikasi pengiriman pesan elektronik. Padahal, berita yang disebarkan belum bisa dipastikan kebenarannya dalam menangani Covid-19.

Dokter sekaligus influencer, dr. Tirta Mandira Hudhi kesal dengan pemberitaan tidak benar terkait berbagai hal yang dipercaya dapat sembuhkan virus Covid 19 yang ada di media sosial tetapi tidak berdasarkan diagnosis medis.

Mulai dari vitamin yang diminum per tiga jam, air kelapa, hingga OTG yang diklaim tidak bisa menularkan virus Covid-19. Ketiga kabar tersebut merupakan hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh penyebar.

Baca Juga: Golkar Jateng Sukseskan Vaksinasi Covid-19, Buka Yellow Clinic

"Air kelapa bisa membunuh Covid-19, disebar di grup WA buat minum air kelapa biar bisa membunuh Covid-19, lu pikir cacing tanah dikasih garam sama air kelapa terus mati? Ini virus yang ukurannya 0,15 mikron enggak kelihatan pakai mata, pakainya mikroskop elektron," terang dr Tirta dari Youtube milknya Tirta PengPengPeng.

Dr Tirta juga menjelaskan manfaat air kelapa bukan sebagai penangkal Covid-19, melainkan mengganti cairan tubuh yang hilang.

"Air kelapa itu biar tubuh enggak dehidrasi sehingga kondisi fisik ketika kena Covid-19 kebutuhan airnya tercukupi supaya proses penyembuhan bisa maksimal. Bukan air kelapa bunuh Covid-19," jelasnya.

Saking kesalnya, Tirta sampai berucap jika kuliah kedokterannya selama ini kalah dengan kata tetangga.

"Gue kuliah 3,5 tahun teori FK (Fakultas Kedokteran) UGM, cumlaude, koas 1,5 tahun. internsip setahun kalah sama kata tetangga yang bilang air kelapa bunuh Covid-19. Buat apa sekolah, mending dulu belajar ngomong saja," tandasnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X