11 Telemedicine Ini Layani Obat dan Konsultasi Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri

- Rabu, 7 Juli 2021 | 09:48 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: ist
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: ist

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri bisa mendapatkan konsulatasi dan obat gratis melalui layanan konsultasi jarak jauh via 11 platform telemedicine yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Pemerintah telah mengambil langkah untuk mengatasi kekurangan kapasitas rumah sakit dan menekan risiko penularan dengan membangun rumah sakit darurat dan menyediakan layanan konsultasi daring bagi pasien isolasi mandiri.

Menkes menekankan pasien terkonfirmasi positif yang tidak bergejala dan bergejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah dan karantina terpusat di pusat isolasi.

Baca Juga: Tabung Oksigen RSUD di Purbalingga Mencukupi, Bupati: Kami Selalu Berkoordinasi

Kementerian Kesehatan memastikan pasien yang melakukan isolasi mandiri untuk tetap memperoleh layanan Kesehatan. Budi Gunadi mengakui untuk tahap awal, fasilitas ini hanya berlaku untuk area Jakarta.

Pasalnya, dalam kondisi Covid-19 seperti Jakarta, jika pasien harus datang ke rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter akan susah dan akan menambah risiko penularan.

Menkes memahami pasien positif Covid-19 yang sedang isolasi mandiri butuh konsultasi, butuh ketenangan, diperhatikan, dan membutuhkan pengobatan secara benar.

Baca Juga: Covid-19 Melonjak, Luhut: Pemerintah Kerahkan Semua Sumber Daya

''Maka kita bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis.”

“Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,'' kata Menkes.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X