Sejumlah Daerah Kekurangan Oksigen

Red
- Rabu, 7 Juli 2021 | 05:05 WIB
SM/Dian Aprilianingrum : MENGISI TABUNG :Pekerja mengisi tabung oksigen yang kosong di Samator Purwokerto, Selasa (6/7). Permintaan tabung oksigen meningkat hingga 10 kali lipat dibanding hari biasa. (55)
SM/Dian Aprilianingrum : MENGISI TABUNG :Pekerja mengisi tabung oksigen yang kosong di Samator Purwokerto, Selasa (6/7). Permintaan tabung oksigen meningkat hingga 10 kali lipat dibanding hari biasa. (55)

SOLO, suaramerdeka.com- Beberapa daerah masih kekurangan suplai oksigen. Di Kabupaten Magelang misalnya, persediaan oksigen menipis.

Di Kudus, pasokan oksigen medis untuk rumah sakit belum stabil sesuai kebutuhan.

Persediaan oksigen di agen pengisian oksigen Putri Medika di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang kian menipis.

Banyak pasien rawat jalan tak kebagian oksigen lantaran pasokan lebih banyak untuk rumah sakit yang menangani Covid-19.

Pemilik Putri Medika, Wagina (71) mengatakan, pasokan oksigen dikirim oleh PTSamator dan Subur Makmur Gas Magelang. Sejak 19 Juni 2021, jumlah yang didrop berkurang drastis, yang semula 10-15 tabung ukuran 6 meter kubik per minggu, susut menjadi 3-4 tabung per minggu. Itupun hanya datang dari

Subur Makmur Gas Magelang. ”Yang sedang sakit di rumah, kalau tidak ada oksigen, kan fatal,” ujarnya.

Sekian tabung itu, aku Wagina, acapkali habis kurang dari 1 hari untuk para pasien rawat jalan. Tidak hanya pasien di wilayah Magelang saja, bahkan permintaan datang dari Semarang, Boyolali, dan Yogyakarta. Permintaan juga bukan hanya dari pasien Covid-19 saja, tetapi pasien penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan lain-lain.

Atas kondisi tersebut, Wagina tidak penuh mengisi setiap tabung agar setiap pasien medapat jatah oksigennya.

Mengatasi kesulitan pasokan itu, Wagina lantas berinisiatif selalu ke PT Samator jika sewaktu- waktu ada produksi oksigen. ”Saya gerilya ke Samator. Jam 4 pagi saya ke sana, nunggu kalau nanti produksi saya harus meminta, tapi juga belum bisa,” ungkapnya.

Belum Stabil

Halaman:

Editor: Teguh Wirawan

Tags

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X