7 Provinsi di Luar Jawa Ini Rawan Penularan Covid-19 Varian Delta

Red
- Selasa, 6 Juli 2021 | 14:06 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (foto: pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (foto: pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebagian dari wilayah Indonesia masuk kategori rawan kasus Covid-19 varian delta. Ada tujuh provinsi di luar pulau Jawa yang perlu waspada terhadap varian baru Covid-19 ini yang dibawa dari India.

"Kami sudah lihat ada lima provinsi di Pulau Sumatera dan dua provinsi di Kalimantan yang kita harus ekstra hati-hati agar kita bisa mempersiapkan dengan baik," katanya dalam konferensi pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Selasa, seperti dikutip dari Antara.

Provinsi tersebut di antaranya, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung.

Baca Juga: Susu Beruang bukan Obat Covid-19

Pemerintah sudah mengantisipasi lonjakan kasus di sejumlah daerah yang berpotensi rawan tersebut, apalagi laju penularan virus ini tergolong cepat.

"Kita sudah lihat di mana kira-kira provinsi lain yang akan memungkinkan ke depannya akan ada kenaikan dan lonjakan yang cukup tinggi. Kita antisipasi," katanya.

Sementara itu berdasarkan laporan harian dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah kasus harian di Provinsi Sumatera Barat pada Senin (5/7) mencapai 101 kasus, sebanyak 104 lainnya dinyatakan sembuh. Namun jumlah kasus meninggal di daerah itu cenderung lebih tinggi dari daerah lain hingga mencapai 25 pasien.

Baca Juga: Pemerintah Refocusing Anggaran Belanja Kementerian/Lembaga, Ini Sasarannya

Pada periode yang sama, kasus harian di Kalimantan Timur dilaporkan mencapai 428 kasus, 223 lainnya dinyatakan sembuh dan 18 pasien meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X