MUI Minta Pesantren Waspada, Kasus Covid-19 Meningkat dan 584 Kiai Wafat

- Selasa, 6 Juli 2021 | 10:00 WIB
Penerapan protokol kesehatan di salah satu pesantren. (suaramerdeka.com / dok)
Penerapan protokol kesehatan di salah satu pesantren. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wasekjen MUI KH Abdul Ghaffar Rozin mengingatkan kepada masyarakat pesantren untuk berhati-hati dan waspada dengan perkembangan terbaru Covid-19 saat Indonesia memasuki gelombang kedua pada beberapa pekan terakhir.

MUI meminta Ponpes waspada mengingat kasus Covid-19 harian terus melonjak. disapa Gus Rozin pada Senin (5/7) mengatakan kasus-kasus Covid-19 banyak menerpa para pemimpin pesantren di wilayah Madura, Jawa Tengah, seperti Kudus, Pati, Demak, Jepara, dan daerah lainnya.

Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU itu mengaku memiliki data bahwa terjadi peningkatan jumlah ulama yang menderita Covid-19.

Selama ini pesantren memiliki awarenes atau kesadaran sangat tinggi terkait bahaya Covid-19.

Baca Juga: Penanganan Pandemi Covid-19, Menteri PANRB: ASN Harus Terlibat Aktif

Akan tetapi, setelah Lebaran, kondisi di masyarakat sudah banyak yang mulai bosan dan diiringi dengan kembalinya aktivitas pendidikan di pondok pesantren.

“Peningkatan penularan yang sangat signifikan terhadap para kiai dan pengasuh pesantren terutama di seluruh wilayah Madura dan wilayah lain seperti Jawa Tengah utara seperti Pati, Kudus, Demak, Jepara, dan daerah lainya secara merat,” katanya sebagaimana dilansir laman mui.or.id pada Minggu (4/7).

Gus Rozin menjelaskan, kondisi ini diperparah dengan munculnya varian baru yang kehadirannya tidak bisa diantisipasi dengan baik, sehingga menjadi salah satu faktor dalam meningkatnya kasus Covid-19 di lingkungan pondok pesantren.

Baca Juga: PPKM Darurat, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di Cilacap Digelar Daring

Dia memaparkan catatan RMI hingga 4 Juli 2021 sebanyak 584 kiai yang wafat di tengah pandemi Covid-19

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X