PPKM Mikro Luar Jawa Diperpanjang 20 Juli, 43 Kabupaten Masuk Asesmen Level 4

- Senin, 5 Juli 2021 | 20:01 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto dokumentasi  Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto dokumentasi Kemenko Perekonomian

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di luar Pulau Jawa-Bali kembali diperpanjang hingga 20 Juli mendatang. Adapun 43 kabupaten/kota berada pada asesmen COVID-19 di level 4.

“Tadi sudah melapor ke Bapak Presiden terkait perpanjangan PPKM mikro tanggal 6- 20 Juli 2021 untuk di luar Pulau Jawa. Ini diatur perpanjangan yang selaras dengan PPKM Darurat di Jawa-Bali,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers daring, di Jakarta, Senin, seperti dikutip dari Antara.

Pada perpanjangan PPKM Mikro kali ini, diungkapkan Airlangga, terdapat 43 kabupaten/kota yang berada di asesmen level 4, kemudian 187 kabupaten/kota di level 3, dan 146 kabupaten/kota berada pada level 2.

Baca Juga: Ini Isi Lengkap SE Menag Juknis Peniadaan Takbiran, Shalat Iduladha dan Pelaksanaan Kurban

“Dengan asesmen level 4 ini maka di 43 kabupaten/kota di 20 provinsi dilakukan pengetatan,” ujar Menko Airlangga.

Menko Airlangga menyebutkan kegiatan perkantoran/tempat kerja di level 4 melakukan Work From Home (WFH) dengan kapasitas 75 persen dan Work From Office (WFO) 25 persen. Sedangkan di zona lainnya, WFH 50 persen dan WFO 50 persen. Kegiatan belajar/mengajar di level 4 dilakukan secara daring dan level lainnya mengikuti peraturan Kemendikbudristek.

Kemudian kegiatan makan/minum di tempat umum di seluruh level asesmen, hanya diperbolehkan dengan kapasitas 25 persen hingga pukul 17.00 dan layanan pesan antar hingga pukul 20.00. Begitu juga dengan pusat perbelanjaan/mal yang hanya diizinkan beroperasi hingga pukul 17.00 dengan kapasitas 25 persen.

Baca Juga: Tenaga Medis Rentan Terpapar Covid-19, IDI Minta Nakes Diberi Vaksin Dosis Ketiga

Sedangkan tempat ibadah level empat ditutup sementara dan level lainnya menyesuaikan dengan peraturan Kementerian Agama.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X