Jadi Barang Langka, Pemerintah Perlu Bikin Sentra Isi Ulang Oksigen

- Senin, 5 Juli 2021 | 15:39 WIB
oksigen untuk penderita covid-19 di rumah sakit. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com) (Asef Amani)
oksigen untuk penderita covid-19 di rumah sakit. (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com) (Asef Amani)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah segera mengatasi kekelangkaan oksigen untuk pasien Covid-19 yang terjadi di berbagai daerah, khususnya Pulau Jawa dan Bali.

Menurut Puan, masalah kelangkaan ini bisa ditangani lebih baik dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi digital terkait pendataan kamar rumah sakit dan oksigen.

"Selain menipisnya ketersediaan tempat tidur di rumah, saat ini masalah yang dibutuhkan saat mendesak untuk diatasi adalah kelangkaan oksigen bagi pasien Covid-19. Pemerintah pusat harus bergerak lebih sistematis dan cepat untuk mengatasinya karena berdampak pada keselamatan pasien di tengah perawatan," kata Puan dalam keterangan kepada wartawan, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Hadits Rukun Mandi Wajib dan Tata Caranya

"Persoalan kekelangkaan oksigen ini tidak dapat diatasi dengan cara-cara reaktif semata, tetapi harus menyediakan sedini mungkin. Pemanfaatan teknologi informasi digital secara maksimal harus dilakukan untuk mendapatkan data yang solid dan transparan hingga ketersediaan tempat tidur rumah sakit dan oksigen dari berbagai bisa dipetakan. Dengan pendataan dan pemetaan ini, bila tersedia ketersediaan di suatu kota sudah mulai menipis, bisa dikirim dari kota terdekat atau disuplai dari pusat sehingga oksigen tidak akan lebih dulu," tuturnya.

Puan juga mendesak pemerintah segera mengeksekusi pilihan oksigen untuk kebutuhan industri menjadi oksigen medis. Selain itu, pengawasan terhadap rantai pasokan oksigen dari produsen ke konsumen juga disebut sebagai perhatian pemerintah.

"Pemerintah sudah memutuskan 90 persen produksi oksigen nasional akan digunakan untuk kebutuhan medis. Kebijakan ini harus segera dieksekusi demi mengantisipasi situasi darurat seiring dengan terus meningkatkan kasus Covid-19 dan kebutuhan oksigen di rumah sakit," ucap Puan.

Selain itu, pasokan oksigen dari produsen ke konsumen hingga terjadi di satu pihak dan kekurangan pada pihak lainnya.

"Saat ini, kekurangan oksigen yang dialami oleh rumah sakit di Pulau Jawa sehingga sementara persediaan oksigen luar wilayah di Pulau Jawa juga bisa menjadi pertimbangan," kata perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI tersebut.

Baca Juga: PPKM Darurat Efektif Dibarengi Kedisiplinan Masyarakat, Epidemiolog Undip: Perlu Sanksi Tegas Pelanggar Prokes

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X