Setetes Darah Sangat Berarti, Anggota Komisi IX DPR RI Minta Penyintas Covid-19 Bersedia Donor Darah

- Minggu, 4 Juli 2021 | 20:27 WIB
Kegiatan donor plasma konvalesen. (suaramerdeka.com/dok) (Cun Cahya)
Kegiatan donor plasma konvalesen. (suaramerdeka.com/dok) (Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengajak para penyintas Covid-19, yakni pasien yang telah sembuh dari virus Corona untuk ikut ambil bagian menolong saudara-saudara sebangsa yang sedang sakit dengan cara menjadi pendonor plasma konvalesen.

“Setetes darah Anda sangat berarti, bisa menyelamatkan jiwa-jiwa yang saat ini terancam Covid-19. Ayo saudara-saudara yang sudah sembuh, saat ini giliran Anda menolong saudara kita yang membutuhkan plasma konvalesen,” kata Rahmad Handoyo dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Minggu 4 Juli 2021.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, ajakan untuk masyarakat penyintas Covid-19 bukan sebagai ‘bayaran’ karena mereka selama menjalani perawatan semua biaya ditanggung negara.

Tapi ajakan ini, kata Rahmad, merupakan bentuk solidaritas sesama anak bangsa untuk bersama-sama saling bahu membahu bergotong royong dimasa sulit akibat pandemi.

Baca Juga: Selama PPKM Darurat, Alun-Alun Klaten Ditutup Total Mulai Jam Lima Sore

“Sekali lagi, ayo kita gelorakan bersama semangat saling bahu membahu, bergotong royong memberi harapan kesembuhan kepada saudara-saudara kita yang sedang kritis akibat Covid-19. Mereka membutuhkan uluran tangan para penyintas Covid-19 dalam bentuk plasma konvalesen,” katanya.

Dikatakan Rahmad, menyusul ledakan kasus Covid-19 maka dipastikan kebutuhan plasma konvalesen yang dapat meningkatkan peluang sembuh pasien Covid-19 akan meningkat.

Sayangnya, kata Rahmad, masih banyak penyintas Covid-19 yang bersikap diam dan enggan untuk mendonorkan darahnya.

“Kami memantau, PMI mulai kewalahan memenuhi permintaan plasma darah. Ini terjadi karena para penyintas Covid-19 belum tergerak hatinya untuk menjadi relawan menyumbang darah,”katanya.

Baca Juga: PPKM Darurat, Polres Magelang Putar Balik 23 Kendaraan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X