PPKM Darurat, Luhut Pastikan Ketersediaan Oksigen dan Obat-obatan Terjaga

- Sabtu, 3 Juli 2021 | 12:39 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan /Foto biografiku
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan /Foto biografiku

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Ketua KPCPEN Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa pemerintah telah bersiap untuk menangani lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Ia memastikan ketersediaan oksigen dan suplai obat-obatan yang sebelumnya dikhawatirkan masyarakat dapat terjaga, selama PPKM Darurat

Terkait ketersediaan oksigen, ujar Luhut, pihaknya sudah meminta kepada Menteri Perindustrian agar memerintahkan para produsen oksigen mengalokasikan 90 persen produksinya untuk kebutuhan medis.

Baca Juga: Polda Jateng Akan Lakukan Penyekatan di 42 Lokasi Selama PPKM Darurat

“Kami sudah rapat dan kita sudah tata dari apa yang kita lihat kalau keadaan seperti ini, insyaallah kita akan semua tidak ada masalah soal ini, termasuk suplai obat-obatan. Kami meminta masing-masing provinsi agar membentuk Satgas yang  memastikan ketersediaan oksigen, alkes, dan farmasi. Satgas ini agar berkoordinasi langsung dengan Menkes jika terjadi kesulitan suplai,” ujarnya.

Selain penanganan Covid-19, melalui PPKM Darurat pemerintah juga mengambil kebijakan untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

Luhut menegaskan pemerintah telah melakukan koordinasi untuk menambah penyaluran bantuan sosial selama PPKM Darurat guna melindungi masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Presiden menekankan masyarakat menengah ke bawah harus dilindungi. Melalui langkah tersebut, dampak PPKM darurat akan dimitigasi dan ekonomi dapat pulih lebih cepat dari sebelumnya,” tandasnya.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X