Krisis Nakes, Wali Kota Magelang Siap Jadi Relawan

- Jumat, 2 Juli 2021 | 14:42 WIB
RELAWAN NAKES: Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz memberikan keterangan pers seputar kesiapannya menjadi relawan tenaga kesehatan. (suaramerdeka.com/Asef Amani)
RELAWAN NAKES: Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz memberikan keterangan pers seputar kesiapannya menjadi relawan tenaga kesehatan. (suaramerdeka.com/Asef Amani)

 MAGELANG, suaramerdeka.comWali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz terpanggil menjadi relawan untuk terjun menjadi tenaga kesehatan (nakes). Hal ini mengingat terjadinya krisis nakes akibat lonjakan kasus Covid-19 beberapa waktu terakhir.

Dokter spesialis penyakit dalam itu pun bersedia ditempatkan di rumah sakit darurat Lapangan Tenis Indoor Moncer Serius kompleks Gelora Sanden. Ia akan menjadwalkan dirinya untuk aksi kemanusiaan ini di luar jam kerja sebagai wali kota.

“Profesi sebagai dokter melekat di diri saya. Jadi, kalau ada panggilan untuk menjadi relawan, saya akan terjun mengabdi di luar jam kerja, sehingga tidak mengganggu jabatan sebagai wali kota,” ujarnya, Kamis (1/7).

Baca Juga: Puan Minta Bantuan Bagi Warga Terdampak PPKM Darurat Diperluas

Dia mengaku, kerelaannya bergabung sebagai tenaga kesehatan juga dalam rangka memberikan motivasi kepada relawan lainnya. Apalagi relawan nakes diprediksi akan didominasi kalangan mahasiswa yang masih menempuh pendidikan kesehatan di perguruan tinggi.

“Kita sudah menggagas kerja sama dengan Stikes, Poltekkes, dan Fikes supaya mahasiswa yang mau bergabung jadi relawan untuk mendaftar. Karena orang yang sudah memilih pendidikan kesehatan, sudah pasti akan terketuk hatinya ketika ada panggilan kemanusiaan, seperti sekarang ini," katanya.

Dia berharap, banyaknya relawan nakes yang bergabung dapat mengatasi persoalan krisis sumber daya perawat dan dokter di Kota Magelang. Terutama di rumah sakit darurat yang kesiapannya masih terus dilakukan.

Baca Juga: Ada 21 Juta Data Ganda Penerima Bansos, Wakil Ketua MPR: Penyaluran saat PPKM Darurat harus Tepat Sasaran

“Soal dari mananya, saya kira Magelang sudah cukup. Nanti didata siapa saja dokter dan perawat yang mau jadi relawan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB
X