Kans Generasi Emas Belgia Redam Italia

Red
- Jumat, 2 Juli 2021 | 01:10 WIB
SM/twitter @EURO2020 - Romelu Lukaku
SM/twitter @EURO2020 - Romelu Lukaku

MUNICH -Generasi Emas Timnas Belgia siap meredam kemapanan Timnas Italia pada duel perempat final Piala Eropa 2020 di Fussball Arena, Munich, Jerman, Sabtu (3/7) pukul 03.00 WIB. Dua negara ini sama-sama ditempatkan sebagai favorit juara.

The Red Devil diisi skuad generasi emas yang sedang matang. Sementara Gli Azzurri dalam tren naik dan belum terkalahkan dalam 31 laga terakhir. Pelatih Setan Merah Roberto Martinez pun memuji performa Squadra Azzurra.

Menurut pria asal Spanyol ini, Italia begitu padu dari lini belakang hingga depan. ”Italia adalah tim yang benar-benar bagus. Menghadapi mereka pastilah sangat merepotkan,” ungkap Martinez.

Meski demikian, mantan manajer Everton ini menegaskan nyali Jan Vertonghen dan kawan-kawan tak akan ciut. Beberapa pemain Belgia berlaga di Seri ALiga Italia seperti striker Romelu Lukaku dan penyerang Dries Mertens. The Red Devils punya motivasi menorehkan kekalahan pertama buat Italia.

Kalau kesampaian, itu bakal jadi cerita yang berkesan.”Itulah tantangan yang harus kami lakukan. Kami sudah mengalahkan juara bertahan, selanjutnya mereka,” tandas Martinez. Setan Merah pantas diwaspadai terutama Lukaku. Eks pemain Manchester United itu adalah mesin gol untuk negaranya.

Di kubu Gli Azzurri, pelatih Roberto Mancini mendapat tambahan kekuatan dengan kembalinya sang kapten, Giorgio Chiellini. Bek Juventus ini bakal kembali berpasangan dengan Leonardo Bonucci. Mancini menilai Belgia merupakan skuad yang komplet. Kedalaman skuad mereka pantas diwaspadai.

”Kami harus menunjukkan mentalitas yang kuat selepas mendapat ujian dari Kroasia,” ujar Mancini. Kemungkinan eks manajer Manchester City itu bakal menurunkan winger Federico Chiesa sejak menit pertama.

Chiesa diandalkan sebagai sayap kanan. Sementara bek kanan Giovanni Di Lorenzo mengaku timnya tanpa tekanan. Pelatih, lanjut dia, meminta para pemain bersenang-senang di lapangan. ”Kami dalam kepercayaan diri yang tinggi dan fokus penuh.

Siapa pun lawan yang kami hadapi, kami akan percaya pada diri sendiri,” tutur pemain Napoli ini. Di Lorenzo mengakui Italia siap berjuang keras. Kemenangan menjadi harga mati. ”Selama ini kami sukses dengan cara main kami. Kini, giliran Belgia untuk merasakannya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

X