90 Persen Produksi Oksigen Medis Bakal Dialokasikan, Jaga Pasokan Jawa-Bali

Red
- Kamis, 1 Juli 2021 | 16:57 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan /Foto biografiku
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan /Foto biografiku

JAKARTA, suaramerdeka.com - Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mengalokasikan kebutuhan oksigen medis

"Terkait ketersediaan oksigen, kami sudah meminta kepada Menteri Perindustrian agar memerintahkan produsen oksigen mengalokasikan 90 persen produksinya untuk kebutuhan medis," kata Luhut yang juga Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, dalam konferensi pers virtual terkait PPKM Darurat, Kamis, seperti dikutip dari Antara.

Luhut meminta setiap provinsi membentuk satuan tugas (satgas) guna memastikan ketersediaan oksigen, alat kesehatan (alkes) dan farmasi. Satgas tersebut nantinya berkoordinasi langsung dengan Menteri Kesehatan jika terjadi masalah suplai.

Baca Juga: Isolasi Diri dari Media Sosial Dianjurkan untuk Pasien Isoman, Hindari Imun Tubuh Turun

"Tadi kami sudah rapat, dari apa yang kami lihat, kalau keadaan seperti ini insya Allah kita semua tidak akan masalah soal ini, termasuk soal obat-obatan," ujar Menko Luhut.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan pihaknya akan menjaga pasokan oksigen di Jawa dan Bali.

"Kita akan memastikan oksigen itu akan kita rapikan suplai dan demand-nya untuk seluruh rumah sakit di Jawa. Kita akan monitor ketat ini," katanya.

Menkes mengatakan pihaknya juga akan mempersiapkan petugas di setiap rumah sakit untuk memastikan hal ini dijalankan dengan baik. Bahkan, bila perlu melibatkan anggota TNI/Polri.

Baca Juga: PPKM Darurat Wajibkan Pusat Perbelanjaan-Mal Tutup, 280 Ribu Karyawan Terancam PHK

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X