Dubes Arab Saudi Diskusi dengan SMSI, Bahas Haji dan Pendidikan

- Kamis, 1 Juli 2021 | 06:45 WIB
SMSI menggelar diskusi dan bincang bincang bersama Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Esam A Abid Althagafi secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)
SMSI menggelar diskusi dan bincang bincang bersama Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Esam A Abid Althagafi secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat menggelar diskusi dan bincang bincang bersama Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Esam A Abid Althagafi secara virtual, Rabu (30/6/21).

Duta Besar Esam Althagafi pada kesempatan tersebut mengapresiasi dan berterimakasih kepada SMSI atas undangan diskusi dan bincang-bincang.

Kegiatan kali ini di antaranya membahas tentang pelaksanaan ibadah haji dan kerja sama Arab Saudi dengan Indonesia di bidang pendidikan.

“Sebuah kehormatan saya dapat melihat Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia yang warganya memiliki keinginan kuat dan ghiroh untuk bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh ke Tanah Suci,” katanya.

Baca Juga: Presiden Berlakukan PPKM Darurat Mulai 3 Juli, Begini Aturan Lengkapnya

Ia mengemukakan, jumlah jamaah haji dan umrah dari Indonesia setiap tahunnya merupakan jumlah yang terbesar dan terbanyak dibanding jamaah haji dan umrah dari negara-negara lainnya.

Sebanyak 230 ribu jamaah haji Indonesia dapat melaksanakan ibadah haji di tahun-tahun sebelumnya (sebelum pandemi Covid-19), dan jamaah umrohnya pun merupakan yang terbanyak dibanding jamaah dari negara-negara lain.

Setiap tahunnya mencapai satu juta jamaah umroh. Menurut Dubes Esam Althagafi, meskipun jumlahnya yang terbanyak, jamaah haji dari Indonesia pada umumnya tertib dan berdisiplin saat melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga: Tekan Laju Covid-19, Jokowi Segera Umumkan PPKM Darurat di Jawa-Bali

Jadi, meringankan tugas para petugas urusan haji Pemerintah Saudi, dan pelaksanaan ibadah haji pun menjadi nyaman.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X