Pengoptimalan Program P4GN, Ini 3 Langkah Strategis dari BNN

- Rabu, 30 Juni 2021 | 11:00 WIB
Logo BNN. (suaramerdeka.com / dok)
Logo BNN. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Petrus Reinhard Golose melaporkan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam mengoptimalkan program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Tiga langkah strategis dari BNN, di antaranya soft power approach (pendekatan kekuasaan lunak) berupa aktivitas pencegahan.

Kemudian langkah kedua dari BNN terkait pengoptimalan P4GN adalah, hard power approach (pendekatan kekuasaan tegas) berupa penegakkan hukum yang tegas dan terukur.

Baca Juga: Utang Pemerintah Meningkat, Ketua Banggar DPR: Tak Perlu Panik Meresponnya

Terakhir, smart power approach (pendekatan kekuasaan pintar) berupa pengoptimalan penggunaan teknologi informasi untuk memberantas narkotika.

“Sebagai bentuk sinergitas dengan menitikberatkan implementasi Rencana Aksi Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah, BNN telah melaksanakan tugas melalui langkah-langkah strategis,” papar Petrus.

Sebagai leading sector (sektor pemimpin) dalam P4GN, BNN diminta dapat melakukan langkah-langkah strategis dalam memperkuat intervensi ketahanan keluarga, mengintervensi daerah bahaya narkoba agar menjadi daerah yang bersih dari penyalahgunaan narkoba,

Lalu, meningkatkan penyediaan layanan rehabilitasi melalui intervensi berbasis masyarakat, serta memperkuat dan memperluas jejaring kerja sama pencegahan dan pemberantasan narkotika baik pada level dalam negeri, domestik, maupun internasional.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X