Percepat Produksi Vaksin Merah Putih, Muhadjir: Butuh Terobosan

- Rabu, 30 Juni 2021 | 09:12 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy. (suaramerdeka.com / dok)
Menko PMK Muhadjir Effendy. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini memasuki gelombang kedua dengan peningkatan jumlah kasus yang melonjak tajam.  

Kondisi ini makin diperparah dengan kemunculan varian-varian baru yang masuk ke Indonesia. Untuk melawan keganasan virus corona ini, salah satu senjatanya adalah dengan vaksin.

Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta tim pengembang vaksin Merah Putih agar dapat menciptakan terobosan untuk mempercepat produksi vaksin dan memenuhi kebutuhan vaksinasi dalam negeri.

Baca Juga: Estonia Buang 68 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca Usai Kerusakan Pendingin

"Karena itu pesan saya meneruskan pesan Bapak Presiden, saya mohon masing-masing pengembang mencoba melakukan koreksi, melakukan reevaluasi terhadap rencana-rencana tahap yang sudah dirancang, dan coba dicari terobosan yang lebih kreatif kira-kira bagaimana supaya produksi bisa dipercepat," kata Menko PMK dalam audiensi dengan tim pengembang Vaksin Merah Putih, secara virtual, pada Senin (28/6).

Dikatakan, saat ini, negara-negara besar di dunia tengah berlomba-lomba memproduksi vaksin untuk memenuhi kebutuhannya dan untuk dijual ke negara lain.

Pemerintah Indonesia juga tengah menggodok vaksin produksi dalam negeri dengan nama Vaksin Merah Putih.

"Sementara kita tidak akan memerhatikan mana saja, pokoknya yang paling cepat dan tentu saja dengan daya efikasi yang tinggi dan keamanan yang tinggi. Itu saya kira akan mendapatkan perhatian kita semua," kata Muhadjir.

Baca Juga: Gelombang Kedua Covid-19 Melonjak 381 Persen, DKI-Jabar-Jateng Mendominasi

Menko PMK mengatakan vaksin Merah Putih merupakan upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan vaksin dalam negeri di tengah kondisi pandemi yang masih parah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X