Wapres: Membangun Bangsa Harus Dimulai dari Membangun Keluarga

- Selasa, 29 Juni 2021 | 21:35 WIB
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. SM/Dok. Wapres
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. SM/Dok. Wapres

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan bahwa keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peran yang sangat besar dalam kehidupan berbangsa.

Menurutnya, keluarga paling tidak memiliki delapan fungsi strategis, yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

Oleh karena itulah, pembangunan bangsa hendaknya diawali dari pembangunan keluarga.

Baca Juga: Bung Karno, Jadi Inspirasi Nadiem Rumuskan Profil Pelajar Pancasila

“Mempertimbangkan peran besar dari keluarga tersebut, sangatlah tepat jika pembangunan bangsa ini dimulai dengan membangun keluarga,” ungkap Wapres saat menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-28 Tahun 2021, Selasa 29 Juni 2021.

Wapres mengatakan, jika keluarga berhasil menyiapkan generasi yang sehat, berpendidikan, dan berkarakter baik, maka ada jaminan masa depan bangsa akan lebih baik.

Lebih rinci, Wapres menjelaskan pandangannya bahwa keluarga adalah tempat di mana nilai-nilai agama diajarkan dan dipraktikkan, serta menjadi tempat bagaimana nilai-nilai kasih sayang diberikan secara langsung dari orang tua kepada anaknya.

Baca Juga: Sowan Para Kiai, Menag Minta Doa Covid Segera Hilang

“Keluarga punya peran penting dalam memperkenalkan anak kepada nilai-nilai sosial budaya serta cinta lingkungan. Nilai-nilai saling menghormati dan toleransi bisa ditanamkan sejak dini di keluarga,” ungkapnya, dalam keterangan resminya yang dikutip suaramerdeka.com.

Selain itu, kata Wapres, keluarga juga menjadi tempat pertama seorang anak belajar bersosialisasi dengan orang lain, yaitu orang tua dan saudara-saudaranya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: BPMI SETWAPRES/UN

Tags

Terkini

X