Angka Ibu Hamil dan Bayi Terpapar Covid-19 Capai 35.099

- Senin, 28 Juni 2021 | 09:30 WIB
Covid-19. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (Murdiyat Moko)
Covid-19. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (Murdiyat Moko)

JAKARTA, suarmerdeka.com – Pemerintah merespons cepat untuk menekan angka kasus Covid-19 yang menimpa ibu hamil dan bayi usia 0-12 bulan.

Saat ini, data peningkatan kasus Covid-19 pada kelompok ini sangat mengkhawatirkan menyusul lonjakan kasus usai libur panjang Lebaran 1442 H.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan berdasar data klaim biaya Covid-19 Kementerian Kesehatan menunjukkan jumlah kasus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19 mencapai 35.099.

Baca Juga: Lahan Terbatas, MUI Sarankan Pemakaman Massal

Sedangkan bayi baru lahir usia 0-12 bulan yang terkena Covid-19 sebanyak 24.591.

Menyikapi kasus itu tersebut, pemerintah akan mempercepat program vaksinasi ibu hamil, balita, dan anak-anak sebagai upaya untuk mencegah penularan sekaligus menekan laju peningkatan kasus terkonfirmasi dan meninggal akibat Covid-19.

Percepatan vaksinasi sangat diperlukan namun untuk pengadaan vaksin, sebaiknya difokuskan pada produksi vaksin nasional.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Tantang Penganut Teori Konspirasi

"Untuk jaga-jaga kemungkinan yang tidak dikehendaki dalam pengadaan vaksin, saya usul, saya sarankan sebaiknya kita lebih fokus pada percepatan produksi vaksin nasional. Bagaimana diupayakan vaksin produksi nasional sehingga kita tidak tergantung pada pasar internasional," kata Menko PMK saat Rapat Terbatas Percepatan Vaksinasi dan Penanganan Ibu Hamil, Balita, dan Anak-anak, baru-baru ini.

Muhadjir menjelaskan situasi pasar vaksin dunia saat ini memiliki ketidakpastian cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X