Putusan 4 Tahun Penjara HRS, Melebihi Hukuman Koruptor

- Jumat, 25 Juni 2021 | 20:01 WIB
HRS Pikul Dua Vonis Sekaligus
HRS Pikul Dua Vonis Sekaligus

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kasus Swab tes yang menjerat Habib Rizieq Shihab dengan vonis empat tahun penjara, dikritisi Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen Bin Smith

Habib Zen menilai vonis empat tahun penjara atas kasus yang menjerat HRS Secara logika sulit dicerna.

Alasan majelis hakim PN Jakarta Timur menghukum eks ketua FPI itu penjara empat tahun atas kasus terkait swab tes.

Baca Juga: Warga Positif Covid-19 Jangan Keluyuran

Habib Zen membandingkan hukuman pada sejumlah kasus korupsi yang jelas-jelas merupakan praktik pencurian plus penyebaran kebohongan kepada publik.

"Saya pikir kasus ini perlu kita tempatkan secara proporsional. Terlepas siapa pun orangnya, negara mesti menempatkan prinsip keadilan yang berlaku untuk semua tidak dengan tebang pilih, atau tajam kebawah dan tumpul keatas ," ujar Habib Zen lewat keterangannya, Jumat (25/6).

Menurutnya, pada prinsipnya aparatur hukum tidak boleh ditekan oleh pihak manapun. Namun, sebagai fungsi kontrol publik tetap berhak mengkritisi sejumlah keputusan yang dinilai tidak konsisten.

"Dengan kenyataan vonis itu, maka kita bisa mengartikan kasus terkait swab lebih berat dibandingkan pejabat negara yang korupsi. Ini preseden yang patut dipertanyakan secara serius, dan melukai asas keadilan " ujar Habib Zen.

Baca Juga: Dukung UMKM, PLN Salurkan Dana TJSL

Di sisi lain, dia juga merujuk konsistensi putusan terkait kasus pemalsuan swab dan antigen yang divonis lebih ringan. Ini seperti kasus pemalsuan surat antigen di Bali yang dijatuhi hukuman 22 bulan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X