Wiku: Pemerintah Tanggung Biaya Penanganan KIPI Efek Vaksinasi

Red
- Jumat, 25 Juni 2021 | 12:22 WIB
 Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok)
Jubir Pemerintah untuk Covid-19, Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Biaya perawatan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) akan ditanggung pemerintah. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 18 tahun 2021.

"Pemerintah bertanggung jawab dalam membiayai penanganan KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi untuk pelaksanaan vaksin Covid-19," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip dari Kata Data.

Wiku mengungkapkan, dalam melaksanakan program vaksinasi Covid-19 pemerintah berupaya mencapai target yang telah ditentukan. Baik dari segi jumlah masyarakat yang divaksin maupun kecepatan vaksin per hari.

Baca Juga: Kaisar Naruhito Khawatirkan Olimpiade Tokyo Sebabkan Kasus Covid-19 Melonjak

Penerima vaksin akan mendapatkan pelayanaan gratis di fasilitas pelayanan kesehatan, berupa pengobatan dan perawatan akibat efek vaksinasi. Penanganannya disesuaikan dengan indikasi medis dan protokol pengobatan.

Sementara itu, bagi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan ditanggung melalui mekanisme JKN. Sedangkan bagi peserta JKN nonaktif dan peserta di luar JKN, mekanisme pendanaannya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Pelayanan kesehatan yang diberikan setara dengan kelas III JKN. Apabila pasien ingin mengganti pelayanan di atas kelas III maka selisih biaya ditanggung secara pribadi.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X