Ingin Hafal Alquran, Ini Cara Mudah dari Hafiz Cilik Asal Kudus

- Kamis, 24 Juni 2021 | 20:35 WIB
Muhammad Ahsan Bukhori, Siswa Madrasah Ibtidaiyyah (MI/SD) NU Tahfidz TBS Kudus
Muhammad Ahsan Bukhori, Siswa Madrasah Ibtidaiyyah (MI/SD) NU Tahfidz TBS Kudus

KUDUS, suaramerdeka.com - Muhammad Ahsan Bukhori (9), siswa kelas tiga Madrasah Ibtidaiyah (MI) NU Tahfidzul Qur'an Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, Jawa Tengah, berhasil menghafal 30 juz Al Qur'an. Proses menghafal selama tiga tahun, sejak masuk MI.

Ahsan tidak sendiri, tahun ini, 29 rekan seangkatannya juga berhasil menyelesaikan hafalan 30 Juz.

Kepada Humas, siswa asal Bandung ini bercerita tentang kiatnya memasukan seluruh ayat Al Qur'an ke dalam memorinya.

Sejak awal ia memang memiliki minat menjadi seorang hafiz Al-Qur'an. Untuk itu, ia mendaftar ke MI Tahfiz Al-Qur'an TBS, lembaga pendidikan Islam berbagai jenjang yang memiliki program khusus tahfiz untuk usia dini.

Baca Juga: Sosialisasi Prokes Penyelenggaraan Iduladha 1442H, Menag Silaturahmi ke Pesantren di Jateng

Di madrasah yang terletak di Kelurahan Krandon, Kecamatan Kota, Kab Kudus itu, Ahsan digembleng hafalan dengan beban setoran satu halaman per hari. Proses itu dilakoninya dengan tekun hingga berhasil khatam dalam tempo tiga tahun. Padahal di lembaga itu Ahsan tidak hanya mendapat beban hafalan saja, tetapi juga mendapat pendidikan fomal sebagaimana sekolah biasa.

Anak lelaki berkulit coklat ini bercerita tetang tipsnya membagi waktu dan menjaga agar "setoran" dapat dilakukan dengan lancar. “Ustadz selalu ngendikan (menyampaikan), baca dulu berulang kali ayatnya, jika sudah yakin maka coba untuk menghafal tanpa melihat Al-Qur'an,” jelasnya, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, terdapat hal-hal non teknis yang membuat proses belajarnya mendapat kemudahan. “Ahsan selalu minta doa bapak ibu, niat sungguh-sungguh, serta tak boleh ngantuk apalagi ngobrol ketika hafalan. Sama ustaz harus hormat dan patuh agar bisa cepat hafal,” tulis lugu.

Baca Juga: Torehkan 5 Gol, Ronaldo Pimpin Daftar Top Skor Sementara Piala Eropa 2020

Kepala MI NU Tahfidzul Qur'an TBS KH. Saeun menyampaikan, madrasah yang dipimpinnya, selain prestasi akademik juga memberikan hafalan Al-Qur'an bagi siswa yang masuk jalur tahfiz.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X