Corona Varian Delta Agresif, Farhan Wanti-wanti Penanganan Tren Covid-19 di Tingkat Desa

- Kamis, 24 Juni 2021 | 14:24 WIB
M Farhan anggota fraksi Nasdem DPR RI (Foto Istimewa)
M Farhan anggota fraksi Nasdem DPR RI (Foto Istimewa)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Anggota Komisi I DPR RI, M Farhan meminta aparat dan komponen lainnya mengoptimalkan atensi terhadap penyebaran Covid-19 di tingkat desa, terlebih dengan masuknya virus corona varian delta yang lebih agresif, terutama dalam penegakan protokol kesehatan.

"Operasi yustisi oleh TNI/Polri harus terus dilaksanakan secara ketat sampai ke desa-desa, tanpa pandang bulu, ini perlu jadi prioritas," kata anggota dewan asal dari Fraksi NasDem itu dalam keterangan yang diterima, Kamis (24/6).

Menurut dia, dari laporan yang diterimanya, lonjakan Covid-19 di pedesaan sudah dalam kategori kondisi darurat.

Hal ini tak terlepas dari mobilitas padat saat moment Lebaran sekali pun pemerintah sudah melarang ditambah aktivitas wisata yang berakibat pada keterisian rumah sakit untuk isolasi di kota - kota besar penuh, secara drastis.

Baca Juga: Pendiri Antivirus McAfee Meninggal Dunia

Untuk itu, Farhan menekankan aparatur seperti lurah, kepala puskesmas, babinsa, dan bhabinkamtibmas harus jadi garda terdepan dalam memutus mata rantai penularan. Pihaknya tak ingin trennya semakin mengkhawatirkan.

"Kerja sama dan kolaborasi empat pilar itu sejalan dengan kebijakan PPKM mikro yang berbasis desa dan kelurahan sesuai dengan perintah Presiden Jokowi," jelas pria berlatar presenter.

Selain itu, pihaknya mengharapkan kolaborasi yang semakin intens di antara Satgas Covid-19 dengan TNI, Polri, dan Kemenkes guna terus mengintensifkan kegiatan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan kepada individu, komunitas, instansi, hingga masyarakat luas.

Dia pun menyebut bahwa cara paling efektif di tengah kasus Covid-19 yang saat ini masih tinggi adalah dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 5M dari mulai memakai masker, menjaga jarak, hidup bersih dengan cuci tangan, menjauhi kerumunan hingga mengurangi mobilitas.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X